Lewat Program Tebar Hewan Kurban, Dompet Dhuafa Sebar 60 Ekor Hewan Kurban

Lensa Expose.com

KEMANG – Perayaan hari raya kurban atau Idul Adha di Indonesia bahkan di dunia beberapa tahun ke belakang terasa berbeda dari yang biasanya, karena pandemi Covid-19 yang masih menghantui sendi-sendi kehidupan manusia.

Idul Adha yang sebelumnya terasa semarak dengan geliat ekonomi para peternak rakyat sampai dengan kehangatan berbagi dengan sesama terancam mengalami penurunan yang signifikan.

Protokol kesehatan dalam melaksanakan peribadahan sampai penyembelihan hewan kurban di hari Raya Idul Adha harus dipatuhi dengan baik untuk tetap menjaga kesehatan. Kehigienisan daging kurban juga menjadi hal yang patut diperhatikan dalam melaksanakan kurban di tengah pandemi.

Menyikapi keterbatasan situasi dan kondisi, Dompet Dhuafa membuat satu inovasi berkurban ditengah pandemi dengan pemesanan melalu e-commercee yang dikemas dalam program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa guna mengajak masyarakat berkurban tanpa harus keluar rumah dan berkerumun.

“Satu lokasi yang menjadi titik penyembelihan hewan kurban tahun ini adalah Zona Madina Dompet. DKM Masjid Al Madina menjadi pelaksana penyembelihan 60 hewan kurban yang nantinya dibagikan kepada para penerima manfaat,” ungkap Jaballudin, penanggung jawab program THK DD, Kamis (22/7/2021).

Ia menambahkan, untuk menjaga protokol kesehatan dan mencegah terjadinya kerumunan dalam pendistribusian daging kurban, DKM Masjid Al Madinah mengundang pengurus masjid dan mushalla untuk datang mengambil hewan kurban yang sudah disembelih dan didistribusikan ke penerima manfaat.

“Saat menyembelih hewan kurban, kami sampaikan ke penerimanya yaitu pengurus masjid untuk memprioritaskan bantuan kepada mereka yang terdampak covid,” jelas Jaballudin.

Selain itu, beberapa daging kurban juga langsung di distribusikan kepada penerima manfaat yang ada di sekitar Zona Madina. Tidak hanya mendistribusikan, Dompet Dhuafa juga mengkampanyekan Kurban Asik Tanpa Plastik, kemasan yang digunakan diganti dengan anyaman atau besek.

“Terimakasih kepada para pekurban (donatur) yang telah memberikan hewan kurban. Semua proses dan penyaluran hewan kurban, kami sampaikan report nya kepada donatur (pekurban) sebagai bentuk tanggungjawab dari amanah yang di dapat.” Tukas Jabal.

Hewan kurban yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa selebihnya akan disembelih di tempat pemotongan hewan ternak yang dimiliki Dompet Dhuafa dan mitra-mitra lainnya serta didistribusikan ke seluruh penjuru Indonesia bahkan hingga ke Palestina.

Seorang penerima manfaat daging kurban, Ani (35) menyampaikan terimakasih atas adanya pbagian daging kurban kepada masyarakat di sekitar Zona Madina Dompet Dhuafa.

“Terimakasih sudah peduli dan berbagi kepada kami warga yang terdampak pandemi. Semoga kebaikan para sohibul kurban melalui Dompet Dhuafa dapat menjadi berkah berlimpah.” Ucapnya. (Rdy)

 

Editor : Admin

 795 total views,  1 views today