Kamis, Maret 28, 2024
DaerahKesehatanPemerintahan

Plt Wali Kota Meminta Pengawasan Air Bersih Milik PDAM Tirta Kualo Agar Lebih Diperhatikan

Tanjungbalai, Lensa Expose.com

Plt Wali Kota Banda Tanjungbalai, H.Waris Thalib meninjau langsung sistem pengolahan air bersih di Water Treatment Plant (WTP) I,II dan III milik PDAM Tirta Kualo, Sabtu Sore (10/7/2021).

Kedatangan Plt Wali Kota H.Waris Thalib disambut Dirut PDAM Tirta Kualo, Yuhdi Gobel bersama jajarannya.

Plt Wali Kota ingin memastikan kesiapan perusahaan air bersih milik Pemkot Tanjungbalai tersebut dalam melayani kebutuhan warga, terutama ketersediaan air bersih dan layak pakai

Di lokasi, terlihat H.Waris dan Dirut PDAM Yuhdi Gobel mengecek langsung sistem pengolahan, mulai dari masuknya air baku ke bangunan intake, kemudian masuk ke menara air baku yang dibagi ke clafier.

Di WTP ini, Plt Wali Kota juga mengecek langsung proses penjernihan air baku yang dilakukan dengan cara pengendapan. Percepatan pengendapan ini dilakukan dengan menambah chemical koagulan dan flokulan agar terjadi proses koagulasi dan flokuasi pada air.

Tahap selanjutnya pulsator, yakni clafier sekunder dimana proses flokulasi dan sedimentasi ditingkatkan dengan cara melewatkan air awan lumpur yang melayang di dalam bak.

Kemudian Wali Kota juga meninjau proses sand filter, yakni jenis saringan cepat yang beroperasi secara gravitasi. Air dialiri melewati media pasir tersebut menuju ke reservoir. Air bersih yang ditampung di reservoir kemudian didistribusikan ke warga

Kepada Dirut PDAM Tirta Yuhdi Gobel dan jajaran, H.Waris menyampaikan PDAM harus terus meningkatkan pelayanan dan distribusi air yang layak pakai kepada pelanggan

“Saya berharap proses pengawasan mulai air yang masuk dari sungai ini tetap dikontrol sebelum didistribusikan ke masyarakat, sirkulasi dan pengawasannya perlu karena air yang akan didistribusikan tentu harus dalam kondisi yang baik, saya berharap kepada Dirut PDAM dan jajaran untuk melakukan langkah langkah strategis dan inovasi dalam pengelolaan air PDAM sehingga layak dipakai oleh masyarakat kita,” pintanya.

Untuk itu saya tadi sudah sampaikan ke Dirut PDAM untuk benar benar melakukan pengawasan terhadap distribusi air ke masyarakat. Mana yang harus dibersihkan setiap hari dan yang harus dikerjakan, itu harus benar benar diawasi dan dilakukan dengan benar.

Hal ini juga harapan kita semua, air yang didistribusikan ke masyarakat adalah air yang layak pakai. Kita harus optimis, dengan kerja keras dan komitmen yang kuat dalam penataan dan pengolahan air PDAM yang baik akan menambah kepercayaan masyarakat kepada kita,” Ujarnya

“Secara teknis, kita ingin pastikan tidak ada kendala distribusi air bersih untuk warga. Sehingga keluhan masyarakat selama ini terkait distribusi air dapat diatasi. Walau kita akui saat ini PDAM Tirta Kualo terus berbenah mengoptimalkan distribusi air ke pelanggan, mulai dengan perbaikan pipa, pengolahan air sebelum didistribusikan dan kendala teknis lainnya,” Pungkas Plt Wali Kota H.Waris Thalib. (Syahruddin Rao)

 

Editor: Admin

Loading