Rabu, April 24, 2024
Jawa TengahParlemenPemerintahan

Unik, Pemilihan Serentak Ketua Rt/Rw Desa Cimanggu Dua Dilakukan Secara Door To Door

Cibungbulang – Lensa Expose.com

Unik, Pemilihan serentak Ketua Rt/Rw di Desa Cimaggu Dua, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor selain dilakukan di TPS, pihak panitia juga berkeliling secara Door todor ke tiap rumah warga untuk menghindari kerumunan warga mengingat masih dimasa pandemi Covid-19.

Pemilihan serentak ketua Rt/Rw desa cimanggu dua tersebut telah berlangsung pada hari, minggu (20/6/21) yang diikuti oleh 9 Rw dan 35 Rt dari 3 Dusun untuk periode (2021-2026). Adapun hak pilih warga desa cimaggu dua yakni berjumlah 2.359 kepala keluarga (KK).

Saat dimintai keterangan oleh awak media, Ketua Panitia Pemilihan Rt/Rw Desa Cimanggu Dua, Ade Aka Sanusi mengatakan pelaksanaan pemilihan ketua Rt/Rw yang dilaksanakan pada hari, Minggu (20/6) berjalan dengan aman lancar dan kondusif.

“Dari Kadus satu dua dan kadus tiga itu semua ada pemilhan, namun ada beberapa Rt yang tidak mengikuti pemihan, karena calonnya tunggal. Jadi secara aklamasi itu dinyatakan sah,” Kata Ade Aka Sanusi di Kantor Desa Cimanggu Dua, Selasa (22/6).

Adapun persyaratan tambah Ade, peserta calon ketua Rt/Rw cukup hanya melampirkan KTP/KK dan Ijazah (SLTP). Utuk teknis pelaksanaan tidak difokuskan di tempat pemilihan suara (TPS).

“Tadinya akan difokuskan di TPS, sehubungan dengan intruksi dari kepala desa karena masih situasi pandemi Covid-19, dan tidak boleh ada kerumunan. Sehingga kita melakukannya secara door todor ke tiap rumah warga yang didampingi BPD Linmas dan Babinsa. Dan untuk hak pilih satu kk itu hanya diperbolehkan satu orang saja,” ujar Ade.

Ade menuturkan, selain dibentuk kepanitian desa, pihaknya juga membentuk panitia kewilayahan dari mulai sekretaris dan anggota.

“Jadi setiap dusun ada panitia wilayah, sekretaris dan anggota. Dan unutuk hasil pemilihan nanti saya akan kasih tau, karena ada beberapa wilayah datanya yang masih menyusul. Kemudian untuk pelantikan kita akan laksanakan pada bulan juli 2021 mendatang,” terangnya.

Ia juga berharap kepada ketua Rt/Rw yang terpilih agar bisa melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya masing-masing dan bisa mengondisikan warganya. “Karena setiap bulan, Rt maupun Rw wajib melaporkan segala sesuatu di wilayahnya ke desa,” tukasnya. (Rdy)

 

Editor : Admin

Loading