Kamis, April 18, 2024
DaerahPendidikan

PPDB 2021, SMAN 6 Tigaraksa Tangerang Laksanakan Sesuai Teknis Disdik Banten

TANGERANG – Lensa Expose.com

Pada hari Senin tanggal 21 Juni 2021, di Sekolah Menenga Atas (SMA) Negeri 6 Tigaraksa Kabupaten Tangerang, rencana akan menerima hasil test tahap pertama.

Segala sesuatu bagaimana cara penerimaan siswa, dan siapa saja yang di terima di SMAN 6 Tigaraksa ini akan di godok dan di putuskan serta di tetapkan oleh Dinas Pendidikan Banten. Dan sekolah hanya menerima hasilnya saja.

Hal ini di benarkan oleh Drs. H. Usep Kusmara, MM. selaku Kepsek SMAN 6 Tigaraksa Kepada media lensaexpose.com di kantor sekolah.

Menurut H. Usep, secara umum baik di sekolah SMA/SMK di Banten PPDB Tahun 2021 untuk Tahap I, Dinas Pendidikan (Disdik) Banten rencananya akan menyelenggarakan PPDB SMA dan SMK dalam dua tahap.

“Tahap pertama telah terlaksana pada 7 hingga 11 Juni 2021 lalu. Sementara, tahap kedua dijadwalkan pada tanggal 25 Juni hingga 1 Juli 2021. Pada PPDB SMA/SMK Jabar 2021 tahap satu diperuntukkan bagi semua jalur, kecuali jalur zonasi (untuk SMA) dan jalur prestasi rapor umum (untuk SMA). Kedua jalur tersebut baru akan dibuka pendaftarannya di tahap kedua,” terangnya.

Diketahui, untuk SMA terdapat tiga jalur pendaftaran yang dibuka di tahap I, yaitu:

Jalur Afirmasi, yaitu jalur yang dikhususkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. Selain itu, Jalur Afirmasi juga dapat didaftar oleh calon peserta didik baru penyandang disabilitas atau yang membutuhkan bantuan karena kondisi tertentu. Kuota untuk jalur ini dibuka sebanyak 20 persen dari total daya tampung sekolah.

Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, yaitu jalur yang dikhususkan bagi calon peserta didik baru yang ikut perpindahan tugas orang tua/wali dan anak guru. Kuota untuk jalur ini
dibuka sebanyak 5 persen dari total daya tampung sekolah. Jalur Prestasi, yaitu jalur yang seleksinya berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik calon peserta didik baru.

Untuk kategori prestasi akademik, seleksi berdasarkan nilai raport, ranking, serta hasil ujian sekolah. Sementara untuk kategori prestasi non-akademik, seleksi berdasarkan prestasi calon peserta didik di perlombaan atau kompetisi pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Untuk SMA juga terdapat tiga jalur pendaftaran yang dibuka di tahap I, yaitu:

Jalur Afirmasi, untuk calon peserta didik baru SMA yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan disabilitas. Sama dengan penerimaan SMA, kuota untuk jalur ini sebanyak 20 persen dari total daya tampung sekolah.

Jalur berdasarkan domisili, yang mana seleksinya berdasarkan sekolah mana yang terdekat dengan domisili peserta didik. Kuota untuk jalur ini sebanyak 10 persen dari total daya tampung sekolah.

Jalur perpindahan peserta didik orang tua/wali, yaitu jalur yang bisa didaftar oleh calon peserta didik baru SMA yang ikut perpindahan tugas orang tua/wali. Kuota untuk jalur ini dibuka sebanyak 5 persen dari total daya tampung sekolah.

“Jadwal lengkap PPDB SMA/SMK Banten 2021 dan Prosedur Daftar Ulang Rangkaian seleksi PPDB SMA/SMK Negeri di Provinsi Banten dijadwalkan berlangsung hingga 14 Juli mendatang. Rangkaian tersebut meliputi pendaftaran tahap satu dan tahap dua, pengumuman hasil, hingga daftar ulang” jelas pak Usep Kusmaraselaku Kepsek SMAN Tigsraksa.

Dalam pantauan media saat di SMAN 6 Tigaraksa, sampai dengan waktu jam tayang yang di jadwalkan belum ada info hasil test pertama PPDB 2021, Apakah kendala lain, bisa saja hal ini bisa terjadi.

yang akan menjadi kendala adalah jadwal daftar ulang bagi siswa yang telah di terima, bagi orang tua siswa untuk memastikan anaknya di terima atau tidak dan Informasi terkait prosedur daftar ulang tersebut dapat dipantau melalui laman; ppdb.disdik.bantenprov.go.id.

(Carles)

Loading