Sabtu, April 20, 2024
Kesehatan

Pelaksanaan Vaksinasi Tahap Pertama, Senan, Kades Cimanggu Dua : Kami Siap Untuk di Vaksin Covid-19

Cibungbulang – Lensa Expose.com

Setelah para lansia yang sudah jalani Vaksinasi, kini giliran perangkat Desa Cimanggu Dua yang akan jalani vaksinasi untuk tahap pertama yang pelaksanaannya dilakukan di Puskesmas Cibungbulang, kec. Cibungbulang Kabupaten Bogor, Selasa (16/3/21).

Sebelum disuntik Vaksin Sinovac Covid-19, peserta akan menjalani beberapa tahapan yang sudah diberikan format skrining kepada para peserta yang salah satunya pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan darah, pemeriksaan riwayat penyakit dan lain-lain.

Saat dimintai keterangan, Kepala Desa (Kades) Cimanggu Dua, Senan mengatakan bahwa hari ini jumlah perangkat desa ada 12 orang termasuk kepala desa Kader Kaur dan Ketua PKK akan jalani vaksinasi tahap pertama di Puskesmas Cibungbulang.

“Hari ini 16 Maret 2021 (kemarin red) 12 perangkat desa termasuk kepala desa kader dan Ketua PKK akan menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kami sudah siap untuk divaksin. Sedangkan untuk para lansia pelaksanaannya sudah dilakukan dua minggu yang, tinggal nunggu tahap dua yang akan dilaksanakan pada tgl 8 April 2021 mendatang, dan untuk jumlah data lansia yang kita terima kurang lebih 55 orang,” kata Senan Kepala Desa Cimanggu Dua diruang kerjanya, Selasa (16/3/21).

Disamping itu, sebelum akan menjalani Vaksinasi Sinovac, pemerintahan desa cimanggu dua adakan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga masyarakatnya melalui pertemuan dan para kader agar memahami tentang Vaksin Covid-19 supaya tidak merasa was-was. Yang mana vaksin ini sudah di sahkan oleh Departemen Kesehatan dan juga sesuai fatwa dari MUI bahwa vaksin ini halal.

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi kita sudah sosialisasikan melalui pertemuan-pertemuan para kader dan perangkat desa kami sudah memberikan himbauan kepada warga. Jadi bagi warga cimanggu dua jangan takut untuk divaksin, apalagi vaksin ini untuk kesehatan kita dan sudah di sahkan oleh Patwa MUI bahwa vaksin ini halal,” imbuhnya.

Menurutnya, vaksin ini sangat penting sekali karena untuk menjaga imun tubuh dimasa pandemi Covid ini, sehingga setelah divaksin imun tubuh kita akan lebih kuat lagi. “Walaupun memang setelah divaksin tidak mungkin terpapar Covid-19, tapi setidaknya itu bisa meminimalisir terpaparnya Covid-19. Kami berharap bagi warga masyarakat Cimanggu Dua ini mendapat vaksinasi agar terbebas dari Covid-19 dan supaya lebih antusias lagi,” tuturnya.

“Kalo info yang saya dengar sih tidak ada efek samping apa-apa setelah disuntik Vaksin Covid-19, hanya saja ada sedikit pusing. Tapi secara umum, terkait vaksin ini tidak ada permasalahan apa-apa atau tidak ada keluhan yang berarti, dan warga cimanggu dua juga ada beberapa yang tidak bisa menjalani vaksinasi karena kondisi kesehatan atau mempunyai riwayat penyakit bawaan,” paparnya.

Informasi yang dihimpun lensaexpose.com bahwa 8 Desa di Kecamatan Cibungbulang hari ini (kemarin red) akan jalani Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di tiga Puskesmas, yakni Puskesmas Cibungbulang, Puskesmas Situ Udik dan Puskesmas Cijujung. (Rdy)

Loading