Kamis, Maret 28, 2024
Sosial & Budaya

Wabup Bogor Apresiasi Program BAZNAS Dukung Pancakarsa

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Wakil Bupati Kabupaten Bogor Iwan Setiawan menyampaikan penghargaan dan apresiasinya atas partisipasi dan kontribusi BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bogor dalam  mengupayakan percepatan penanganan Covid-19, serta mendukung cita-cita Pancakarsa Kabupaten Bogor.

Apresiasi tersebut disampaikan pada saat Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Hotel Bigland,  Babakan Madang, Selasa (16/3/2021).

Lebih lanjut Iwan Setiawan mengatakan “Sebagai  institusi resmi  yang diberikan kewenangan untuk mengumpulkan dana zakat, maka BAZNAS Kabupaten Bogor diharapkan berperan aktif dalam membantu program pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan, ” jelas Wabup.

Acara kegiatan Rakor pengelola UPZ, Iwan menuturkan hal  yang  sangat penting untuk menguatkan konsolidasi dan kinerja para pengumpul zakat  yang  baik pada  setiap  perangkat daerah, kecamatan, sampai  ke tingkat kelurahan dan desa. Apalagi  di saat kondisi pandemi yang belum berakhir, bencana alam dan menurunnya kondisi sosial ekonomi masyarakat  yang  naiknya angka pengangguran, naiknya angka kemiskinan serta menurunnya laju  pertumbuhan ekonomi daerah, potensi zakat merupakan instrumen pemberdayaan ekonomi sehingga perlu sinergitas untuk mencapai pengelolaannya yang baik agar dapat betul-betul memberikan dampak signifikan  dalam mengatasi kemiskinan serta peningkataan kualitas hidup mustahik,” tuturnya.

Ketua BAZNAS Kabupaten Bogor, KH. Lesmana dalam kesempatan tersebut memaparkan bahwa BAZNAS Kabupaten Bogor senantiasa mendukung penuh program Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mewujudkan kesalehan sosial dan terwujudnya visi Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban. Dengan program unggulan BAZNAS yakni Bogor Taqwa, Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Peduli dan Bogor Makmur.

“Dalam masa pandemi Covid-19 berbagai program unggulan BAZNAS Kabupaten Bogor seperti santunan 2.000 yatim, santunan guru agama dan lain sebagainya, sementara harus mengalami berbagai penyesuaian dikarenakan adanya aturan PPKM,” ujar Lesmana.

Ditambahkannya kondisi sekarang ini tidak akan menyurutkan semangat BAZNAS Kabupaten Bogor untuk tetap melayani para mustahik di Kabupaten Bogor. Dana zakat, infak dan sodaqoh yang terkumpul selama tahun 2020 ini telah disalurkan untuk pencegahan dan penanggulangan yang terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Bogor, “tegas Lesmana.

Dikatakannya bantuan 2.000 sajadah yang diberikan kepada 40 masjid besar kecamatan, bantuan 30.356 paket sembako, bantuan kesehatan untuk yang dirawat maupun yang berobat jalan sebanyak 2.539 orang, bantuan biaya pendidikan sebayak 922 orang, dan bantuan fisabilillah sebanyak 300 orang, semuanya menggunakan dana yang terkumpul di BAZNAS,” imbuhnya.

Lesmana berharap kepada semua UPZ untuk mengoptimalkan penghimpunan zakat fitrah, zakat maal, infak dan sodaqoh serta melaporkan dan menyetorkannya ke BAZNAS Kabupaten Bogor setiap bulan. (Irfan Lubis)

Loading