Jumat, Maret 29, 2024
Daerah

Dinas PUPR Beltim Akan Bangun Jalan 14,88 Kilometer

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (PUPR) Kabupaten Belitung Timur akan membangun 6 (enam) proyek pembangunan jalan sepanjang Tahun 2021 ini. 6 proyek senilai Rp 26,4 milyar ini diperkirakan akan menghasilkan Jalan sepanjang 14.88 kilometer.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Beltim Idwan Fikri, saat ditemui Diskominfo Beltim di Ruang Kerjanya Kamis (04/02/2021), mengatakan dari 6 proyek jalan tersebut, dua proyek menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), baik DAK Reguler maupun DAK Penugasan.

“Untuk yang DAK Reguler kita membangun Ruas Jalan Birah-Selinsing di Kecamatan Manggar hingga Gantung, sepanjang 5,1 kilometer dengan anggaran Rp 8.933.350.000. Untuk DAK Penugasan Jalan lanjutan di Gusong Cina Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung sepanjang 1,26 kilometer, dengan anggaran Rp 3.150.000.000,” papar Idwan.

Sedangkan empat proyek jalan lainnya memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Beltim, meliputi: Peningkatan Jalan Dalam Simpang Pesak sepanjang 1,69 kilometer, Peningkatan Jalan Manggar – Mudong Gantung sepanjang 3,9 kilometer, Pembangunan Ruas Nyuruk – Tungkup Dendang sepanjang 1,5 kilo dan perawatan berkala jalan dalam Kota Manggar sepanjang 3,1 kilometer.

“Jalan Manggar – Pantai Mudong itu anggarannya Rp 3,9 milyar, Ruas Nyuruk – Tungkup Rp 2,642 milyar, berkala dalam kota Manggar Rp 4,85 milyar, sisanya jalam dalam sebelah Kantor Camat Simpang Pesak,” beber Idwan.

Selain pembangunan 6 proyek jalan tersebut, di tahun 2021 ini Dinas PUPR Kabupaten Beltim juga akan bekerjasama dengan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) untuk pembuatan jalan desa ke lokasi wisata di Desa Kelubi Manggar.

“Ini jalan khusus untuk masuk ke lokasi wisata yang ada di sana, Bukit Pangkuan. Nanti kita gandeng TMMD,” ujar Idwan.

Terkait pembangunan jembatan, mantan Kepala Bidang Bina Marga itu menyatakan sama seperti tahun-tahun sebelum Dinas PUPR tidak mengadakan kegiatan pembangunan jembatan.

“Kan kita mengikuti kebutuhan dan usulan. Kebetulan tahun 2021 dan 2020 kita memang belum membangun jembatan,” kata Idwan.

 

 

Penulis : Tomy

Editor   : Rudi H

Loading