Polsek Gantung Sidak Sungai Lenggang Bersama Satpol PP Belitung Timur

Belitung Timur Lensa Expose.com

Sejumlah mesin tambang jenis ponton rajuk tidak ada yang beraktivitas saat tim gabungan sidak langsung ke lokasi, Senin (11/01/2021).

Menindak lanjuti laporan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim), turun ke lokasi tepatnya disekitar aliran Sungai Lenggang, Kecamatan Gantung. Adapun tim yang turun tergabung, pihak Kecamatan, Desa, Pol PP Kabupaten Beltim, Polsek dan DLH, maupun pihak PDAM.

Kapolsek Gantung, IPTU Wawan Suryadinata, S.IK,. mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya penertiban kegiatan operasional tambang menggunakan sistem rajuk.

Upaya dari Pemda dalam hal ini Pol PP, Polres, Polsek, agar sama-sama masyarakat menyadari bahwa ditempat ini banyak merugikan daripada lingkungan (Aliran Sungai)gantung.

Tujuan kita lanjutnya, memberikan himbauan dengan upaya persusif supaya agar sama-sama dilaksanakan oleh para penambang maupun masyarakat yang melakukan penambangan diareal sekitar sini.

Apabila dihimbau masih tidak bisa, mau tidak mau kita akan lakukan upaya hukum”, sebutnya.

Menjawab pertanyaan awak media mengenai kenapa hal tersebut bisa berlarut-larut.

Dalam hal ini Memang tidak bisa dipungkiri di Belitung Timur ini, mayoritas masyarakat masih bergantung kepada tambang”, jelasnya.

Kalau belum ada solusi untuk beralih dari tambang, imbuhnya, saya rasa hal seperti ini bakal terus terjadi.

Kecuali, kita bisa menemukan bersama solusi bagaimana yang tepat yang paling cocok sehingga masyarakat menemukan sumber mata pencaharian yang lain”, paparnya.

Sementara, Kasatpol PP Beltim, Zikril diwakili Lukman menyebutkan sesuai arahan pimpinan Kasatpol PP Beltim bahwa saya selaku Kabidgakumda pada hari ini kita diharapkan bersipat persuasif.

Tidak selamanya persuasif, untuk selanjutnya kita akan mengevaluasi dan akan mengarah kepada penindakan”, sebutnya.

Masih kata Lukman, sebelum hal ini dilakukan, kita akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti TNI, Kejaksaan, DLH dan Instansi lainnya.

Problem yang terjadi dilapangan, saya rasa kurangnya kesadaran masyarakat terhadap perambah lingkungan.

Kita berharap, mari kita sama-sama menjaga lingkungan kabupaten beltim khususnya wilayah gantung sungai lenggang ini PDAM ini agar masyarakat bisa merasakan air yang bersih dan dapat dikonsumsi.

Saya mengharapkan agar kegiatan ini terus berlanjut, dan akan saya sampaikan pada pimpinan bilaperlu bapak Bupati. Dan bila perlu bapak Bupati yang terpilih harus tahu bahwa kondisi dan keadaan yang ada pada saat ini sudah kritis khusus sungai lenggang”, ungkapnya.

Saya harap semua OPD, instansi pertikal harus mendukung kebijakan pemerintah untuk keutuhan lingkungan hidup diwilayah kabupaten beltim.

Saya menginginkan adanya kesadaran seluruh elemen masyarakat beltim siapapun dia yang jelas dalam hal ini mari kita taat aturan”, harapnya.

Mengenai hal ini kata dia lagi, saya sudah beberapa kali melakukan forum dengan pihak kecamatan pt timah dan anggota dpr bagaimana solusi yang baik agar penambangan diwilayah sungai lenggang.

Alasan mereka ya masalah perut lah, ya artinya kalau mereka tidak melakukan aktivitas penambang mereka tidak dapat makan itu alasannya.

Penulis : Tomi

Editor : Rudi H

 304 total views,  4 views today