Pemerintah Desa Ganda Mekar Alokasikan BLT DD Ke 175 KPM

Bekasi, Lensa Expose.com

Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat desa selama pandemi Covid – 19 yang anggarannya diambil dari alokasi dana desa di masing-masing wilayah.di seluruh Indonesia, salah satunya desa Ganda Mekar Kecamatan Cikarang Barat kabupaten Bekasi.

Dalam rangka merealisasikan intruksi dari Pemerintah Pusat tersebut agar memberikan BLT DD kepada warga yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid 19, Pemerintah Desa Ganda Mekar Kecamatan Cikarang Barat kabupaten Bekasi, pada pagi ini menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) kepada 175 warga Desa Ganda Mekar  bertempat di Kantor Desa Ganda Mekar,

Guna untuk membantu kelancaran serta menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat proses penyaluran bantuan langsung tunai dana desa Kepala Desa Ganda Mekar, Maji Mahmuddin dan Babinkamtibmas desa Ganda Mekar bersama dengan Babinsa Desa Ganda Mekar bersinergi mengamankan jalannya penyaluran bansos BLT DD.

Kepala Desa Ganda Mekar, Maji Mahmuddin saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa segala proses BLT Dana Desa tersebut berprinsip dari desa, oleh desa, dan untuk desa serta juga diawasi secara bersama oleh seluruh masyarakat desa.

“Proses penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang bersumber dari BLT Dana Desa itu berjenjang dan melibatkan banyak orang. Pendataan itu sendiri dimulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT) selanjutnya daftar yang dikumpulkan dibawa ke tingkat Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) yang pesertanya juga melibatkan BPD, untuk menentukan KPM di tingkat desa. Hasil Musdesus ini kemudian diserahkan ke tingkat Kabupaten untuk dilakukan sinkronisasi data agar tidak terjadi tumpang tindih dengan Jaring Pengaman Sosial (JPS) lainnya,” katanya.

Maji Mahmuddin menyampaikan kepada Expose bahwa para penerima bansos menerima uang sebesar Rp.300.000 per KPM. Dari dana DD tersebut diberikan kepada keluarga miskin yang terdapat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang kehilangan mata pencarian, penyakit kronis atau menahun, Non PKH, Non BPNT dan Non kartu Prakerja serta tidak menerima bansos lainnya dari pemerintah pusat maupun propinsi.

Masih menurut Kepala Desa Ganda Mekar Maji M bahwa penyerahan BLT DD tersebut Langsung oleh Perangkat Desa  yang diawasi langsung Babinkamtibmas, Babinsa dan para awak media yang meliput kegiatan tersebut,

“Kami pastikan dalam penyaluran BLT-DD ini benar benar sesuai dengan prosedur. Kami atas nama pemerintah Desa tidak mau main-main dengan dana tersebut, dan ini harus tersampaikan kepada orang yang membutuhkan,” pungkas Kades Desa Ganda Mekar.

Penulis : Irgi Yostisio

 1,227 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *