Antusias Warga Desa Bojongsari Kec.Banjarwangi Gotong Royong Buka Akses Jalan

Garut, Lensa Expose.com

Antusias warga desa Bojong Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut Jawa-Barat melakukan kegiatan gotong-royong kerja bakti membuka akses jalan baru .

Semua warga sekitar Kp.Ciputat Rt 04 Rw 02 dan Kp.Sawah Pojok Rt 03 Rw 02 Desa Bojong secara swadaya bergotong-royong tanpa ada upah membuka jalan baru dikarenakan masyarakat menginginkan akses jalan tembus ke desa tetangga.

Kepala Desa Bojong,Iman Mulyana ketika ditemui Lensa Expose.Com, Sabtu (12/9/20) mengungkapkan, bahwa swadaya murni masyarakat yang menyadari membangun desa adalah kewajiban bersama-sama antara Pemerintah dengan segenap masyarakatnya, jelasnya.

Secara pribadi Iman Mulyana sangat mendukung terhadap warga yang melakukan swadaya bergotong-royong membangun/membuka akses jalan baru penghubung ke desa Jayabakti.

“Alhamdulillah antusias masyarakat budaya bergotong-royong sangat bagus di beberapa kampung di desa Bojong walaupun di beberapa wilayah sudah mulai luntur, ini membantu kami (pemerintah desa) dalam rangka melaksanakan pembangunan di desa kalau di hitung angkanya sangat signifikan dan kalau di uangkan nilainya sudah ratusan juta dari swadaya masyarakat selama setahun di desa kami, ” ungkapnya.

Kendati demikian,Iman Mulyana memaparkan pembukaan jalan baru tembus ke desa Jayabakti sepanjang 2000 meter dan lebar 3 meter untuk masuk ke desa tersebut sebelumnya memasuki wilayah tanah pengangonan desa (tempat gembala ternak) yang selama ini dimanfaatkan oleh warga untuk bercocok tanam.

“Empat tahun yang lalu kerjasama dengan pihak Kementrian Kehutanan di tanami bibit kayu jabon,sekarang memasuki tahun ke empat disamping hasil kayunya bisa di jual untuk menambah penghasilan warga masyarakat juga menjadi sumber mata air, ” paparnya.

Harapan Kepala Desa Bojong,dengan adanya pembuatan akses jalan baru tembus ke desa Jayabakti yang dikerjakan oleh masyarakat secara swadaya/gotong-royong.

“Kedepan kalau memungkinkan ada anggaran diharapkan ada tindak lanjut untuk membuka jalan baru,ini perlu program pengerasan saya berharap Pemerintah Daerah(Pemda) Kabupaten Garut memperhatikan jalan tersebut, ” harapnya.

Sementara itu,Ahmad Hidayah (56) selaku tokoh agama Kp Ciputat Rt 04 Rw 02 Desa Bojong menuturkan , kegiatan gotong-royong kerja bakti membuka jalan baru sudah mendapatkan izin dari pemilik tanah untuk perluasan jalan tembus ke desa tetangga.

“Alhamdulillah pemilik tanah sudah mengizinkan tanahnya di hibahkan untuk perluasan jalan tembus , Ini juga merupakan kegiatan setiap Jum’at Bersih (Jumsih) secara rutin karena sudah ada izin tanahnya dari pemilik di gunakan perluasan jalan lalu kami musyawarah dengan warga akhirnya mulai hari jumat kemarin dilaksanakan oleh warga masyarakat secara ikhlas bahu membahu bergotong-royong membuat jalan baru tembus ke desa Jayabakti tanpa upah, semoga dengan adanya jalan baru tersebut dapat meningkatkan ekonomi dalam segala hal dan saya meminta ke Pemerintah daerah agar jalan ini nantinya di permanenkan, ” pungkasnya.

Penulis : Suwito/Dede Orenz

 1,117 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *