Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih, 50 Personil Polres Beltim Amankan Gedung Zahari MZ

Belitung timur lensa Expose.com

Polres Belitung Timur Hubungan masyarakat-Rapat pleno terbuka Penetapan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Beltim tahun 2020 yang di gelar di ruang Auditorium Zahari MZ Dusun Manggarawan Desa Padang Kecamatan Manggar Kab. Belitung Timur (Sabtu, 23/1/21)

Kegiatan tersebut yang dihadiri oleh KPU Provinsi Muniarti, ST, Ketua KPUD Kab. Beltim Rizal, ST, Komisioner KPUD Kab. Beltim, Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, MH, Paslon No Urut 01 ( Drs Burhanudin & Khairil Anwar ), Pengadilan Negeri Tanjung Pandan Imam Mualimin, SH. MH, Kepala Kejaksaan Negeri Beltim Abdur Kadir, SH. MH, Ketua DPRD Kab. Beltim Fezzi Uktolseja, SE. MM, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kab. Beltim Bapak Sayono, Komisioner Bawaslu Kab. Beltim Haris Alamayah, Danramil 414-02 Manggar Mayor Inf Joko Leleno yang mewakili Dandim 0414 Belitung, Kasat Pol PP Kab. Beltim Lukman Hakim, Pabung TNI AU dan AL dan Perwakilan Partai Politik Kab. Beltim.

Acara yang di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh perserta rapat pleno dan tamu undangan. Sebelum pembacaan Berita Acara rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim terpilih pada Pilkada Beltim tahun 2020.

Kata sambutan Bupati Kab. Beltim yang diwakilkan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Bapak Sayono mengatakan, kegiatan rapat pleno terbuka Penetapan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Beltim tahun 2020 harus tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 guna memastikan kita semuanya sehat dan aman, ujarnya.

Atas nama Pemerintahan Kab. Beltim kami mengucapkan terima kasih kepada KPUD Kab. Beltim yang telah mensukseskan Pilkada Beltim tahun 2020,  tidak lupa ucapan terima kasih kami ucapkan kepada penyelenggara Pilkada Bawaslu yang dibantu oleh Polri, TNI dan Unsur lainnya.

“Saat ini mari kita lakukan konsolidasi pasca penetapan, tidak ada lagi kelompok – kelompok semua harus melebur dan menyatukan barisan guna membangun dan memajukan Pemkab Beltim kedepan. Kami mengucapkan selamat kepada Drs. Burhadudin Khairil Anwar yang telah memenangkan Pilkada Beltim tahun 2020 semoga kedepan dapat membuat Beltim menjadi lebih baik,” ungkap Sayono.

Ketua KPUD Kab. Beltim Rizal, ST juga mengatakan, Pemilihan Bupati Beltim telah selesai dilaksanakan kita layak berbangga karena pelaksanaan Pilkada Beltim berjalan dengan sukses dengan tolak ukur tingkat partisipasi, kondusifitas dan lainnya.

“Pelaksanaan Pilkada Beltim tidak terlepas dari tantangan karena berada di masa Pandemi covid-19 namun kekhwatiran kita terkait hal tesebut tidak terjadi karena kita dapat melaksanakan kegiatan Pilkada dengan sukses dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” paparnya.

Kami KPUD Kab. Beltim lanjutnya, telah berjanji dan mengikrarkan pada saat kami dilantik menjadi anggota KPUD yang mana dalam sumpah tersebut kami akan mengedepankan netralitas di atas segalanya. Partisipasi pada Pilkada Beltim tahun 2020 berjumlah 77, 36 %

Hal tesebut meningkat 1 % dibandingkan dengan Pilkada tahun 2015 sebelumnya. KPUD Kab. Beltim mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kab. Beltim sebagai mitra kami untuk berkoordinasi dalam pelaksnaan Pilkada Beltim tahun 2020.

Kemudian Ketua KPUD Kab. Beltim meneruskan, ucapan terima kasih kepada Polri, TNI, Kejaksaan dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu yang telah mendukung kami dalam mensukseskan Pilkada Beltim tahun 2020, tuturnya.

Sementara itu, Drs. Burhanudin – Khairil Anwar sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2020 dan merupakan pidato pertama setelah ditetapkan menjadi Bupati dan Wakil Bupati terpilih mengatakan, sebagai pasangan calon yang terpilih kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama – sama mengawal Pilkada Beltim 2020 dengan damai, aman dan tertib dan tentunya dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan dengan sangat baik sehingga tidak ada cluster baru penyebaran Covid 19, ujarnya.

“Pilkada telah usai, mari kita satukan misi kita untuk membangun Beltim kedepan, ini merupakan tantangan kita bersama dimasa pandemi covid-19, yang mana kedepan tugas kita adanya agar Beltim dapat memutus mata rantai covid-19. Ini bukan merupakan kemenangan tim berakar saja, akan tetapi juga kemenangan semua pihak dan masyarakat yang telah berpartisipasi memberikan hak pilihnya pada Pilkada Beltim tahun 2020,” pungkasnya.

Berdasarkan Berita Acara KPUD Belitung Timur Nomor : 02/PL. 02.7-BA/1906/KPU-Kab/I/2021 Tentang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Belitung Timur tahun 2020.

Yang mana mengacu pada 3 hal mendasar yaitu Berita Acara dan sertifikasi rekapitulasi hasil perhitungan suara dari setiap Kecamatan di tingkat Kabupaten / Kota dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 Kab. Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Model D-HASIL Kabupaten/Kota-KWK)

Kemudian Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kab. Belitung Timur Nomor 281/PL.02.6-Kpt/1906/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur tahun 2020 dan Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 tanggal 20 Januari 2021, perihal penetapan pasangan calon terpilih pemilihan serentak tahun 2020 (penyampaian salinan akta register perkara konstitusi).

Menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur tahun 2020, Drs. Burhanudin  dan Khairil Anwar (paslon 01) dengan jumlah suara 36.255 yang diusung oleh partai politik gabungan (Golkar, PKS dan Gerindra) resmi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati yang memenangkan pemilihan umum Kab. Belitung Timur tahun 2020.

Selama pelaksanaan rapat pleno tersebut, Polres Belitung Timur selaku pihak keamanan yang bertanggung jawab untuk menjaga situasi tetap dalam keadaan kondusif dan atas perintah Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H, 50 orang personil disiagakan baik di luar dan di dalam gedung auditorium Zahari MZ untuk mengamankan kegiatan penetapan tersebut sampai dengan selesai.

 

Penulis : Tomy

Editor : Rudi H

 162 total views,  1 views today