Sejarah Singkat Berdirinya KUD Mina Karya Baru

Subang, Lensa Expose.com

Adanya Tempat Pelelangan Ikan di Gangga disebabkan karena Tempat Pelelangan Ikan di perkampungan Rawameneng sudah tidak memadai lagi sehingga dialihkan di kali Gangga. Sejarah singkat berdirinya Koperasi Mina Karya Baru dibentuk atas kuasa Rapat pembentukan koperasi pada tanggal 17 Maret 1975. Dengan dibentuknya koperasi dan kemudian telah terdaftar dalam daftar umum kantor wilayah koperasi Propinsi Jawa Barat dengan nama KPD Cipta Laksana dengan badan hukum momor: 6133.A/BH/DK.10/18 tanggal 17 Maret 1975. Akan tetapi dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun kemudian atau tepatnya awal tahun 1978 KPD Cipta Laksana mengalami kebangkrutan hingga tak ada kegiatan lagi seiring dengan berjalannya waktu, maka pada awal 1 Agustus 1978 KPD Cipta Laksana dirintis/ dihidupkan kembali oleh kepala desa Rawameneng pada waktu itu Bapak Haerudin. Dengan ada pinjaman Dana dari kepala desa untuk mendirikan bangunan TPI dengan bentuk sangat sederhana dan menghabiskan anggaran sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dan pinjaman tersebut dikembalikan dengan cara diangsur besarnya Rp 25.000,-( dua puluh ribu rupiah) selama 20 bulan oleh pengurus dan karyawan dari pendapatan honor.

Asal muasal pemindahan TPI dikali Gangga, berawal dari seorang Kakek asal Indramayu Bogeg kake Carsiah bersama isterinya Nene Naresm yang membawa seorang anak hijrah di hutan pinggir kali pepetan waktu kala itu kake Carsiah hidup di gubug reot dengan mata pencahariannya mencari ikan dilaut.

Kali Pepetan dulunya dangkal juga banyaknya runtah sehingga aliran pembuang sulit untuk di lalui air ke arah laut.kali Pepetan ini pun di perbaiki hingga menjadi sungai yang sekarang terkenal dengan sebutan Gangga.

Nama Gangga di ambil dari pembuangan air yang berada di Gang 3, Pepetan atau Gangga mulai ramai penghuni pada tahun 1980 tempat pelelangan ikan hijrah ke Gangga generasi ini melahirkan ketua Bapak Mayor Karsim pada tahun 1985 -1990 pada waktu itu nama KPD Cipta laksana, tahun berikutnya digantikan Bapak Alim dan nama KPD diganti menjadi KUD Mina Karya Baru Pada tahun kepimimpinannya tahun 1991 Р1995. Generasi ketiga dipimpin oleh Bapak Udin Samsudin dengan nama Koperasi sama pada tahun 1996 Р2010 digenerasi ke empat sekarang ini diketuai Bapak Didi Supriadi  itulah keterangan dari Bapak Ono Taryono selaku sekertaris TPI dari tahun 2006 mengenai KUD Mina Karya Baru.(Nali. S)

 667 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *