Jumat, April 19, 2024
Ekonomi Bisnis

Bambang Irawan Pengusaha Kopi Kater Beltim Tingkatkan Gaya Pemasaran Produk Konvsional

Beltim, Lensa Expose.com

Menghadapi tatanan kehidupan baru dimada pandemi Covid-19,  produk UMLM Kopi Kater Belitung Timur ubah gaya pemasaran produk konvensioal ke online. Selasa (07/07/2020).

Owner Kopi Kater, khas Belitung Timur Bambang Irawan Siswandi mengatakan, sejak mewabahnya Covid-19 di Kepulauan Bangka-Belitung Maret 2020 lalu ia memilih untuk cepat melakukan terobosan dalam strategi pemasaran produknya, selama sebelum masa pandemi Covid-19 menurut Bambang Irawan Siswandi yang akrap disapa (Bang Ir). Ia memadarkan produk Kopi Katernya melalui oulet oleh-olehnya yang sadarannya adalah parawisatawan yang berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi.

Namun membaca situasi pandemi corona yang tak jelas kapan akan berakhir, Kopi Kater mengambil langkah strategis dikataka Bang Ir untuk menyelamatkan pasarannya dengan lebih mengintensifkan penjualan secara online melalui medsos, dan mendapat respon dari masyarakat luas bahkan tak hanya di pulau Belitung, namun skala Nasional dan Internasional.

Bang Ir, juga menjelaskan, kita harus merubah semuanya, kami sendiri katakanlah dimulai bulan 3 lalu sudah sempat berubah dari kita melakukan penjualan yang bersifat konvensional sekarang kami melakukan terobosan yaitu dengan masuk ke Market Palace berkesenimbungan dengan digitalisasi pasar digital dan online kami sudah melakukan penjajakan begitu juga promo-promo marketing promosi ataupun promosi komunikasi yang dilakukan oleh di media sosial, agar kami lebih bisa lebih dikenal dan bisa dibeli orang yang tidak harus datang ke Belitung, kususnya Beltim dengan Kopi Katernya,”kata Bang Ir.

Bambang Irawan Siswandi (Bang Ir), yang juga pengusaha Nasional asal Belitung Timur Ini, mengharapkan apa yang dilakukannya tersebut jadi insfirasi bagi pelaku UMKM diberbagai wilayah kususnya di Belitung Timur dalam menghadapi di era tatanan kehidupan baru yang menurutnya, butuh Inovasi tak hanya dari sisi produk namun juga dari disisi pemasaran agar mamou bertahan.

Menurut Bang Ir, sebenarnya UMKM yang ada harus sudah seperti ini, kita harus mulai merubah diri tidak lagi menggunakan pasar konvensional, tokoh tokoh wisata mulailah UMKM ini befikir bahwa ada Market Palace yang lain yaitu pasar online yang bisa memberikan kontribusi penjualan yang sangat besar dan ini dilakukan oleh seluruh UMKM yang ada di Indonesia,”harap Bang Ir.

Sementara Kopi Kater milik Bang Ir merupakan produk kapi has Belitung Timur dengan konsep yang memiliki nilai tambah dimada Covid-19, yakni kopi untuk kesehatan yang mengandung unsur herbal seperti jahe.

Penulis : Tomy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *