Senin, April 15, 2024
Peristiwa

Kades Bayongbong Serahkan BLT – Dana Desa Kepada Masyarakat

Pemerintah Desa Bayongbong kecamatan Bayongbong, kabupaten Garut menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun anggaran 2020, sebesar Rp600 ribu ke 80 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di beberapa RW, anggaran tersebut diambil dari pencairan Dana Desa (DD) tahap l sebesar 40 %. Pelaksanaan penyaluran bantuan sosial Bantuan Langsung Tunai (BLT) bertempat di GOR kantor Desa Bayongbong Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, Selasa (12/05).

Menurut Kepala Desa Bayongbong,Agus Nazar,S.Pd,S.Hi ketika di temui media ini disela-sela kegiatan penyaluran BLT mengatakan, pemerintah Desa terus berupaya keras supaya bantuan-bantuan pemerintah cepat disalurkan mengingat masyarakat saat ini sangat membutuhkan.

“Mereka yang menerima dana BLT benar-benar orang miskin yang masuk kriteria yang sangat merasakan dampak dari Virus Corona (Covid-19), “katanya.

Sambung Agus , dalam menentukan penerima BLT dirinya sangat hati-hati jangan sampai menimbulkan kecemburuan sosial, benar-benar Verifikasi yang berat sesuai aturan Permendes PDT No 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa 2020 yang dialihkan untuk tanggap darurat dampak Virus Corona (Covid-19).

“Alhamdulillah penyaluran BLT-DD berjalan lancar,mudah-mudahan akan datang lagi bantuan-bantuan yang lainnya yang belum direalisasikan kuncinya sabar kita berdoa saja semoga Allah Swt melindungi kita semua. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam penyaluran bantuan ini sehingga dapat terwujud, “pungkasnya .

Sementara itu, Wakil Ketua LPM Desa Bayongbong, Dedi Efendy, menuturkan, BLT yang ada di desa Bayongbong bisa bermanfaat untuk masyarakat ,dari beberapa minggu lalu sudah berulang seluruh stakeholder yang ada, baik dari Kecamatan,Kapolsek,Koramil sepakat bahkan masyarakat Penerima BLT sebelumnya di survey terlebih dahulu supaya masuk ke dalam kriteria yang 14 item dari Permendes PDT.

“Alhamdulillah disampaikan ke seluruh masyarakat Bayongbong mudah-mudahan bermanfaat untuk kepentingan mereka dimana bencana wabah corona ini sudah tahu semua berdampak sangat luas terutama perekonomian masyarakat, “tuturnya.

Selain itu Dedi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta dalam pelaksanaan penyaluran BLT dan bantuan para awak media yang sudah mempublikasikan. “Saya sangat berterima kasih,
kita do’akan masyarakat kami lebih sejahtera, aman dan nyaman tidak terjadi masalah, ” pungkasnya.

Salah satu warga, Nana Sumpena (36) saat ditemui usai menerima bantuan mengatakan , Ia mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Bayongbong serta jajarannya yang sudah menyalurkan BLT, yang diinginkan saat ini benar terwujud di saat wabah corona (covid-19) itu dapat bantuan dari pemerintah.

“Alhamdulillah saya senang dan bersyukur mendapat bantuan ini bisa meringankan kebutuhan sehari-hari dan sebagian untuk tambah modal usaha dagang kecil-kecilan pak…? , ” ungkapnya.

Penulis : Suwito

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *