Selasa, Mei 28, 2024
BogorJawa BaratTechnologyWordPress

Cuaca Di Bogor Sering Cerah Berawan, Namun Suhu Terasa Panas Menyengat

CIBUNGBULANG,Lensaexpose.com –  Akhir – akhir ini, cuaca di wilayah Bogor seringkali diliputi oleh cuaca cerah berawan, meski memasuki siang hingga sore hari terjadi hujan di sertai angin kencang dan kilat/petir.

Namun ada satu fenomena alam yang tidak biasa terjadi, yaitu saat cuaca cerah justeru suhu udara terasa sangat panas dan menyengat badan. Hal inipun menjadi banyak pertanyaan masyarakat.

Beberapa orang warga mengungkapkan, cuaca di wilayah Bogor secara umum kalau sekitar jam 09.00 sampai jam 11.00 WB (siang hari), biasanya cerah dan berawan atau normal.

“Tapi rasanya sangat panas menyengat. Bikin tidak nyaman bahkan membuat badan jadi penuh keringat. Nggak tau apa sebabnya cuaca jadi begini,” ujar Rudi, warga Kecamatan Cibungbulang, Kamis (02/05/2024).

Dikonfirmasi soal ini, Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Fatuhri Syabani mengatakan, jika dari catatan BMKG memang ada beberapa daerah di Pulau Jawa yang mengalami suhu yang cukup panas untuk akhir – akhir ini.

Namun dipastikan bahwa suhu yang meningkat beberapa hari ini di wilayah Jawa dan Indonesia tersebut, tidak terkait langsung dengan fenomena gelombang panas (heat wave) di beberapa negara di daratan benua Asia.

“Hal ini adalah fenomena umum saat tutupan awan, transport panas dari wilayah lain dan posisi semu gerak tahunan matahari mendukung terjadinya fenomena tersebut. hal ini juga masih fluktuatif, tergantung kondisi angin dan cuaca di suatu tempat,” tukas Fatuhri. (Rdy)

Loading