Minggu, Mei 26, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Bertepatan Dengan Peringatan Hari Kartini, Pemcam Rancabungur Gelar Halalbihalal dan Apel Pagi, Begini Pesan Camat Dita Aprillia

RANCABUNGUR,Lensaexpose.com – Bertepatan dengan hari Kartini dan masih suasana lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Rancabungur menggelar Halalbihalal di aula kantor Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor. Senin, 22 April 2024.

Turut hadir di acara halalbihalal itu, Camat Rancabungur, Kapolsek Rancabungur, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, para Kepala Desa beserta para staf dan juga kepegawaian dilingkungan Pemerintah Kecamatan Rancabungur.

Dalam acara tersebut, Camat Rancabungur dan juga berserta yang lainnya (perempuan -red) mengenakan serba pakaian adat sunda atau kebaya. Sementara laki-laki mengenakan pakaian serba hitam. Sebelumya, para kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kecamatan Rancabungur tersebut melakukan Apel pagi terlebih dahulu yang di pimpin oleh Camat Rancabungur Dita Aprillia.

“Sebelum acara halalbihalal, kita semua melaksanakan giat apel pagi dulu. Lalu kemudian dilangsungkan dengan acara halalbihalal dan makan bersama, karena ini masih suasana lebaran. Alhamdulillah acaranya berjalan lancar,” ujar Camat Rancabungur, Dita Aprillia kepada Wartawan saat disambangi diruangannya. Senin 22 April 2024.

“Tentunya di momen itu, Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kecamatan Rancabungur mengucapkan Minal Aidin Walfaidzin, mohon maaf lahir batin. Saya juga mohon maaf kepada warga masyarakat Kecamatan Rancabungur, apabila ada yang kurang berkenan dan kurang maksimal dalam pelayan kami mohon dimaafkan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan dan sedikit mengulas kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama bulan suci Romadhon yang telah berlalu dan sudah terlaksana dengan lancar.

“Selama bulan suci Ramadhan, Alhamdulillah kami sudah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya taraweh keliling (Tarling) tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di wilayah Desa Candali yang dihadiri oleh Kadis Dukcapil,” ucapnya.

Lalu kemudian sambung Camat, ada beberapa mesjid yang melakukan itikaf di hari-hari terakhir bulan Suci Ramadhan. “Kami juga bersama dengan para ASN sekecamatan Rancabungur mengumpulkan Zakat Fitrah dan sodakoh secara terpusat oleh Baznas tingkat Kecamatan dan juga kegiatan kegiatan lainnya,” sambungnya.

“Dan yang uniknya, di kegiatan halalbihalal ini bertepatan dengan peringatan hari Kartini. Semua tamu undangan yang dateng kesini semua mengenakan pakaian kebaya untuk ibu-ibu, dan pangsi untuk bapak bapak yang diawali dengan apel pagi bersama,” katanya.

Dimomen peringatan hari Kartini ini, Camat Dita Aprillia juga menyampaikan pesan dan motivasi untuk para perempuan yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor ini.

“Pesan saya untuk para perempuan yang ada di Kecamatan Rancabungur ini, semoga lebih dapat berdaya, dapat terus bermotivasi untuk terus belajar berkreasi. Jadi Raden Ajeng Kartini aja mengajari kita pada zamannya yang belum ada pasilitas apa apa, beliau bisa bangkit.

Apalagi kita dengan ketersediaan pasilitas yang sudah ada, ayo kita maksimalkan pasilitas yang sudah ada, dan kita jangan jadi perempuan yang lemah. Kita harus jadi perempuan yang berdaya, namun kita tidak melupakan kodrat kita sebagai seorang perempuan,” tandasnya. (Rdy)

Loading