Minggu, Mei 26, 2024
BogorJawa BaratParlemen

Bacawalkot Bogor, Aji Jaya Bintara, Jadikan Program Makan Siang dan Susu Gratis Sebagai Prioritas Utama Jika Terpilih

Kota Bogor, Lensa Expose.com

Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Kota Bogor Aji Jaya Bintara, atau Kang Jaya, menyampaikan kepada awak media bahwa Program Nasional Makan Siang dan Susu Gratis dari Pemerintahan baru (Prabowo-Gibran) menjadi program prioritasnya jika diberikan amanah oleh rakyat kota bogor. Menurutnya, koherensi dan sinergi pusat dan daerah adalah elemen penting kesuksesan eksekusi dan implementasi program tersebut. Kang Jaya mengatakan, akan merangkul seluruh rakyat kota bogor untuk bersama-sama mensukseskan program prioritas ini, khususnya untuk peningkatan gizi anak dan ibu hamil.

“Program makan siang dan susu gratis akan saya jalankan dari tahun pertama jika rakyat kota Bogor memberikan mandat. Sebelum puasa lalu, kami sudah lakukan simulasi di 1.000 anak dan ibu hamil Kota Bogor, Alhamdulillah berhasil, karena kita menawarkan suatu ekosistem rantai nilai melalui program Ciptani (integrasi e-warung dan e-farming), harga yang ditetapkan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Setelah lebaran, kami akan simulasi lagi sekitar 10.000 anak dan ibu hamil di 6 kecamatan Kota Bogor.” tukas Kang Jaya, Kamis 21 Maret 2024.

Peran UMKM dalam mendukung Program Makan Siang dan Susu Gratis juga menjadi salah satu kunci keberhasilan implementasi program ini untuk mencapai tujuan menghilangkan stunting dan peningkatan gizi anak. Lebih lanjut Kang Jaya, bersama ratusan tim relawan Kang Jaya, akan lebih gencar mensosialisasikan program Ciptani di Kota Bogor.

“Program Ciptani berfokus pada kemandirian dan etos kerja UMKM, berbentuk e-warung dan e-farming. Interaksi bisnis dan Integrasi antar mereka menjadikan output lebih efisien, dan masyarakat Kota Bogor dapat menikmati efisiensi itu, khususnya mengantisipasi lonjakan harga komoditas pokok seperti beras akhir-akhir ini. Kemarin kami sudah berikan modal e-warung sebesar 1 juta per orang di beberapa RT yang kami kunjungi di Kota Bogor, nanti akan tumbuh terus dengan targer per RT 5 e-warung.”

Sebagai tokoh muda berpengalaman di penugasan internasional dan dikenal skala nasional, Aji Jaya Bintara atau Kang Jaya, berkomitmen penuh untuk terus menyapa dan berinteraksi dengan rakyat kota Bogor, menjalankan mini program yang terukur, dan menjadikan rakyat kota Bogor sebagai subjek pembangunan kota (bukan lagi objek), dalam Transformasi menuju Bogor Emas 2030. (Rudi S)

Loading