Sabtu, Mei 4, 2024
Muara EnimPemerintahanSumatera Selatan

DPD Media Independen Online Indonesia Kabupaten Muara Enim Gelar Pelatihan Jurnalis

Muara Enim, Lensa Expose.com

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Media Independen Online (MIO) Indonesia adalah organisasi pemilik media yang mewadahi beberapa media yang tergabung di dalamnya, kali ini MIO selaku organisasi media menyelengggarakan Pelatihan Jurnalistik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wartawan dalam menyajikan berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Acara ini bertemakan “Pelatihan Wartawan Dalam Menggunakan Teknologi Guna Pemenuhan Informasi dan Berita Kepada Publik Sesuai dengan Kaidah Jurnalistik tahun 2024”, yang berlangsung di balai Agung Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim, Sabtu (9/3/2024).

Yogi Yolanda selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah MIO Kabupaten Muara Enim menjelaskan tujuan dari acara tersebut yakni untuk lebih meningkatkan kualitas wartawan dalam melakukan peliputan sehari hari sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Melalui pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan kualitas wartawan sehingga bisa menghasilkan berita yang baik sesuai dengan kaidah jurnalistik, “ujarnya kepada media.

Senada dengan hal itu Penjabat Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA saat membuka acara pelatihan berharap kepada insan pers harus bisa menghasilkan berita yang benar-benar akurat, berimbang dan tidak berpihak.

“berita yang didapat harus berdasarkan data dan fakta, tidak berpihak dan berimbang dan sudah dikonfirmasi, hindari berita opini agar berita yang disajikan memenuhi kaedah jurnalistik,”jelasnya.

Dikatakan Ahmad Rizali, perlu diketahui dirinya juga dulu pernah menjadi wartawan dan emang suka. “Seorang jurnalis itu ialah seorang yang membuat jurnal kegiatan menjadi sebuah berita, mencari informasi, ya itu lah jurnalis, “jelas PJ Bupati Muara Enim.

“Saya berpesan teruslah berkarya dan terus berlatih untuk menjadi jurnalis agar pembacanya menyukai karya yang ditampilkan. Berikan informasi yang akurat dan terpercaya, “ungkapnya.

Turut hadir dalam acara terebut Kiki Marlina, Ketua Pelaksana, Ketua JMSI Provinsi Sumatera Selatan, Agus Harizal, ST selaku Pemateri dan Ketua SMSI Kabupaten Muara Enim, Hafizul Al Hakam, S.PdI, hadir juga Dewan Pembina MIO Indonesia Kabupaten Muara Enim Palen Satria, SH, perwakilan manajemen PT BA.Tbk, PT PAMA, Bank Sumsel Babel, PT SBS dan seluruh perwakilan wartawan dari organisasi wartawan yang ada di kabupaten Muara Enim. ( Fikri)

Loading