Minggu, Mei 26, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Selain Cemari Lingkungan, Tumpukan Sampah di Jalan Raya Cigudeg Ganggu Pengguna Jalan dan Warga Sekitar

CIGUDEG,Lensaexpose.com – Keberadaan tumpukan sampah yang tak bertuan tepat berada di bawah pohon sawit di bahu jalan raya Cigudeg milik Pemkab Bogor keberadaannya sangat mengganggu pengguna jalan.

Tak hanya masyarakat sekitar, pengguna jalan apa bila saat melewati jalan tersebut harus menutup hidung dari jarak tiga meter sengatan bau sampah tersebut sudah tercium.

Menurut warga Asep menjelaskan, bahwa keberadaan tumpukan sampah terjadi tersebut sudah beberapa bulan terakhir ini.

Tak ayal kondisinya mencemari lingkungan, sebab turut menebar aroma tidak sedap.

“Rumah saya berada di bawah memang aga jauh dengan lokasi tumpukan sampah ini, namun perkiraan saya keberadaan sampah ini baru beberapa bulan ini,” katanya.

Dia menduga sampah-sampah liar tersebut berasal dari orang luar yang sengaja membuang sampah sembarangan ke tempat yang tidak seharusnya.

“Ini bukan sampah warga lingkungan sini, kemungkinan warga luar yang buang sampah sembarangan ini,” ujarnya. Saat dihubungi Wartawan, Rabu (28/02).

Keberadaan tumpukan sampah tersebut juga di tegaskan oleh Kepala Desa Cigudeg, Andi Supriadi, bahwa sampah tersebut sampah liar biasanya orang luar desa yang sengaja buang sampah di area bukan peruntukannya.

“Kalo untuk warga Desa Cigudeg, kan ada yang kelola, selain DLH ada juga yang kelola sampah tiap hari diangkut,” katanya.

Andi membeberkan, bahwa persolan sampah liar di wilayah acap kali dijadikan tempat pembuangan sampah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Dulu sempat di depan eks lapangan dwikora juga pernah terjadi dan Alhamdulillah bisa tertangani, mungkin sekarang pindah kesitu Biasanya kalau pembuang sampah orang luar dia tengah malam sehingga tidak terdeteksi oleh kita,” bebernya.

Dia menyatakan, akan menelusuri pelaku pembuang sampah tersebut. Tak hanya itu, pihaknya juga membuat sayembara bagi siapapun warga yang dapat menangkap pelaku pembuang sampah tersebut akan di berikan hadiah uang tunai.

“Saya sampai saat ini, sudah bikin sayembara, siapa yang bisa menangkap orang yang sengaja membuang sampah ditempat yang dilarang atau dipinggir jalan raya, saya akan kasih hadiah sebesar 500.000 ribu tapi orangnya harus dibawa ke desa,” pungkasnya. (Rdy)

Loading