Sabtu, Mei 25, 2024
Pemerintahan

Musrenbang Nagari Sinuruik Kec. Talamau Kab. Pasaman Barat Dihadiri Forkopimda

Pasaman Barat, Lensa Expose.com

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa atau Nagari itu sendiri diatur dalam Permendes PDTT No 21 Tahun 2020. Di samping itu, ketentuan mengenai Musrenbang Desa atau Nagari juga disebutkan dalam Permendagri No.114 Tahun 2014.

Kegiatan musyawarah yang wajib diadakan setiap tahun ini tentu memiliki maksud dan tujuan yang amat penting bagi kepentingan Desa atau Nagari, sebab, musyawarah ini melibatkan seluruh aspek penting dalam masyarakat desa atau Nagari, seperti warga, lembaga kemasyarakatan, BPD, Bamus, dan Pemerintah Desa atau Nagari.

Musrembang Nagari Sinuruik, kecamatan Talamau kabupaten Pasaman Barat dihadiri beberapa OPD yang terkait diantaranya Dinas Pemuda Olahraga, Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura serta dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, juga dihadiri Forkopimcam Talamau. Tenaga Ahli Desa dan pendamping Desa juga turut hadir pada acara tersebut yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Nagari Sinuruik,  Rabu (7 /02/2024).

Dari pantauan media sangat disayangkan dalam acara tersebut yang dinilai sangat penting dalam sebuah perencanaan Nagari, tidak dihadiri oleh OPD yang berkaitan langsung dengan Nagari Seperti Dinas Pemberdayaan Nagari, Badan Perencanaan Daerah.

Walaupun ketidakhadiran OPD terkait, tapi acara Musyawarah berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang sudah diatur.

Dalam acara ini Camat Talamau yang diwakili Kasi Ekbang Sharil Eva menyampaikan begitu penting sebuah perencanaan dimulai dengan musyawarah ini, dalam menentukan sebuah Perioritas mana yang betul betul kebutuhan masyarakat secara umum, bukan hanya kebutuhan sekelompok tertentu, di acara ini lah kita bisa mengetahui perencanaan 1 tahun ke depan.

Frianton selaku Wali Nagari Sinuruik mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan yang sudah berkesempatan untuk menghadiri musyawarah ini.

“inilah salah satu niat kita bersama dalam merencanakan pengembangan Nagari Sinuruik kedepannya, “tegas Frianton. (Dedi)

Loading