Selasa, Mei 28, 2024
BandungJawa BaratPemerintahanPolitik

Bimtek Pengawas TPS (PTPS) Kecamatan Padalarang, Lokasi TPS dan Eror Sistem Aplikasi Siwaslu menjadi Masalah Sederhana

BANDUNG BARAT,Lensaexpose.com – Sehubungan akan dilaksanakannya Pemilu serentak tahun 2024, pada 14 Febuari mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Padalarang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengawas TPS (PTPS) Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebanyak 515 anggota TPS (PTPS) hadir dalam kesempatan tersebut di Ramayana Padalarang Jln.Raya Padalarang no.457, Desa. Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Hadir pada kesempatan tersebut, Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Camat Padalarang, Danramil Padalarang, juga Kapolsek Padalarang.

Agus Achmad Setiawan, selaku Camat Padalarang mengatakan untuk lokasi TPS di Padalarang terbilang sangat kondusif tidak ada kesulitan dalam pendistribusian logistik.

“Karena lokasi-lokasi TPS yang ada di Padalarang ini berada di wilayah dataran, jadi tidak ada kesulitan,” ujar Agus.

Walaupun ada beberapa TPS yang cukup jauh, seperti di Desa Cempaka mekar,dan di Desa Tagog Apu, dimana TPS Desa tersebut berada diperbatasan dengan Desa Sadangmekar dan Kecamatan Cisarua serta Kecamatan Cikalong.

Sementara itu, Ayu Putri Utami Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Padalarang mengatakan bahwa Padalarang sendiri ada 10 desa dengan jumlah TPS sebanyak 515.

“TPS menyesuaikan jumlah desa, satu TPS satu petugas pengawas,” ujar Ayu disela kegiatan kepada wartawan.

Para petugas pengawas TPS diberikan bimbingan teknis seputar pengawasan pada masa tenang 11,12, dan 13 Febuari mendatang. “Kita tekankan juga kepada PTPS di wilayah masing-masing untuk sama-sama mengawasi,” kata Ayu.

Pada masa tenang, kata Ayu, perlu diwaspadai banyaknya potensi pelanggaran. “Misalkan saja ada kegiatan kampanye di luar jadwal yang sudah ditetapkan makanya PTPS harus menelusuri wilayahnya masing-masing apabila ada temuan pelanggaran calon legislatif,” ungkapnya.

Kendala yang saat ini dihadapi panwaslu  kemungkinan terjadinya eror sistem pada aplikasi Siwaslu.  “Kemungkinan bisa eror terkendala jaringan internet di wilayah masing-masing,” ungkapnya Ketua Panwaslu Kecamatan Padalarang, Ayu Putri disela kegiatan bimtek 515 pengawas TPS kepada wartawan, Jumat 9 Febuari 2024.

Simulasi terhadap aplikasi Siwaslu beberapa waktu lalu, kata Ayu, ada beberapa TPS yang belum bisa login terhadap aplikasi tersebut.

“Ini menjadi bahan evaluasi Bawaslu RI untuk diperbaiki. Alhamdulillah untuk jaringan internet baik di KPU dan Bawaslu sudah berkoordinasi dengan para provider untuk memasang jaringan yang belum terjangkau,” Pungkasnya. (Tina)

Loading