Minggu, Mei 26, 2024
CianjurJawa BaratPemerintahanPendidikan

PKBM Nurul Fata Gencarkan Program Inovasi Penanggulangan Kemiskinan di Cianjur

CIANJUR,Lensaexpose.com – Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM NURUL PATA) di kampung babakan Rt 01/RW 03, Desa maleber, kecamatan karangtengah kabupaten cianjur melaksanakan program inovasi untuk penanggulangan kemiskinan.

Program inovasi ini lebih menitik beratkan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan penyaluran tenaga kerja ke perusahaan yang ada di wilayah kabupaten cianjur.

Kepala (PKBM) Nurul Fata, deni abdul kholik menerangkan pihaknya bersama para tutor dan pengelola kelompok belajar melaksanakan inovasi untuk penanggulangan kemiskinan.

“Sasarannya warga belajar dan tutor kami membuat tim bersama tutor dalam menanggulangi kemiskinan,” kata Deni.

Menurutnya salah satu inovasi yang dikembangkan yakni melaksanakan kegiatan muatan lokal kursus komputer, tata boga dan menyalurkan lulusan warga belajar untuk bekerja ke perusahaan yang ada di wilayahnya kabupaten Cianjur.

“Untuk tenaga kerja warga belajar PKBM dilatih kursus komputer. setelah mahir lalu disalurkan ke perusahaan ada pula yang menjadi wira usaha baru di masing-masing tempat tinggal,” tuturnya.

Deni menjelaskan, untuk program tata boga. pihaknya sudah melaksanakan program ini sekitar 2 tahun lalu dan hari ini sudah mulai ada perkembangan.

“Awalnya kami memiliki pengelolaan tata bogo berupa membuat aneka kue dan camilan di dua kelompok belajar dan di kelas induk. kini sudah bertambah di 6 kelompok belajar,” tegasnya.

Sementara itu, Intan Sinta (27) salah seorang warga belajar beliau mengikuti program pelatihan tata boga di PKBM Nurul Fata. hasilnya, ia bisa membuka usaha mandiri di rumahnya.

“Saya kini menjadi pengusaha rumahan, meski masih skala kecil. Tapi bisa menambah penghasilan dan membantu ekonomi keluarga,” imbuh siswa-siswi paket C atau setara sekolah menengah atas (SMA). (Hadri A)

Loading