Jumat, April 26, 2024
DaerahPemerintahanPeristiwa

Diguyur Hujan Deras, 6 Desa Di Wilayah Kecamatan Selaawi Garut Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

GARUT, Lensaexpose.com

Bupati Garut Rudy Gunawan dan jajaran dari Kodim Garut, Polres Garut, BPBD Garut langsung terjun cek lokasi banjir longsor di kecamatan Selaawi, Jumat (14/01/2022).

Hari Kamis 13 januari 2022 pada siang hari jam 1:25 cuaca curah hujan di wilayah kecamatan Selaawi Garut-Jawa Barat sanggat tinggi dan hujan sangat lama.

Curah hujan sangat lebat dan lama sampai mengakibatkan luapan air sungai Cikuya Desa Cirapuhan, Luapan sungai Cicurug di Desa Mekarsari, dan luapan selokan Parigi yang berada di Desa Pelitaasih mengakibatkan air sungai meluap sampai terendam rumah warga.

Selain itu lapangan putsal milik warga, gedung-gedung lainnya, pesawahan milik warga dan tempat peternakan ikan milik warga, selain itu ada juga beberapa titik tanah longsor dan pohon yang menimpa rumah warga di wilayah kecamatan Selaawi.

Titik banjir dan tanah longsor di wilayah kecamatan Selaawi di antaranya Desa Pelitaasih, Desa Samida, Desa Mekarsari, Desa Selaawi, Desa Putra Jawa dan Desa Cirapuhan.

Banjir di wilayah kec. Selaawi mulai surut sampai sekitar 20:30 malam dan sebagian warga ada yang di ungsikan ke tempat yang lebih aman di rumah warga yang tidak terkena banjir untuk sementara menghindari susulan luapan air sungai.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menjelaskan, Kami langsung melakukan pengontrolan terhadap bencana banjir di kecamatan Selaawi, ada lima desa yang terdampak, kami akan melakukan langkah-langkah cepat, terutama kami akan segera mengerjakan saluran air bersih yang terganggu untuk beberapa kilo meter yang di bangun oleh desa dan akan di drop lagi oleh kabupaten.

“Kami akan memperbaiki jembatan-jembatan yang rusak dan mungkin yang di kategorikan sudah tida layak di pake. Kami juga akan melakukan asesmen hal terhadap dengan sawah-sawah yang terkena dampak dan kami ingas Allah Kabupaten Garut sesuai ketentuan yang berlaku kita akan memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat,

Terutama kami akan memulihkan insprastuktur dasar dan kami ucapkan terima kasih kepada bapa/ibu kepala desa yang ada di kecamatan Selaawi di bawah kordinasi pa Camat, pa Kapolsek dan pa Danramil dan tokoh masyarakat yang alhamdulilah bencana yang kemarin yang terjadi di kecamatan Selaawi akibat hujan deras yang sangat lama tida ada korban jiwa dan untuk harta benda Kita bisa melakukan dengan proses bergotong royong,” jelasnya. (Rais/Dede Oren)

Loading