Selasa, Mei 28, 2024
BandungDaerahJawa BaratPemerintahanPolitik

Gelar Apel Pasukan Kesiapan Penanganan Pemilu 2024 KBB, Arsan Tegaskan Koordinasi, Integrasi Hingga Sinkronisasi yang Baik

BANDUNG BARAT,Lensaexpose.com – Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanganan Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Bandung Barat, hari ini dilaksanakan di Lapang Plaza Mekarsari Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis 01 Febuari 2024.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif, sebagai Inspektur upacara dan tamu undangan lainnya seperti Letkol Arm Boby Dandim 0609 Cimahi dan AKBP Aldi Subartono Kapolres Cimahi.

Arsan mengatakan, di tahun politik ini sangat penting untuk menyelenggarakan pesta demokrasi yang terbesar secara serentak dalam tahun yang sama.

“Dengan demikian merupakan sejarah yang sangat besar dan sangat menentukan masa depan bangsa dan negara kita kedepan,” ujar Arsan.

Semua kesiapan yang berdekatan untuk wilayah yang luas, Arsan sangat diperlukan peningkatan koordinasi, integrasi, sinkronisasi yang baik, secara vertikal maupun horizontal bersama instansi yang terkait.

“Selain itu juga peran aktif masyarakat dan tokoh agama, tokoh adat sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan peran dalam mendeteksi potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,” tegasnya.

Untuk itu Arsa memerintahkan Satpol-PP dan Satlinmas yang menjadi bagian dari petugas pengamanan langsung di TPS Harus menjalankan tugas secara kompak.

“Sebagaimana diatur oleh dalam Permendagri tentang penugasan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) KBB, Ludi Awaludin melaporkan secara singkat persiapan dan pelaksanaan kegiatan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Penanganan Penanganan Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Bandung Barat bersama jajaran TNI, Polri, Satpol-PP serta Satlinmas.

Dimana dasar penyelenggaraan merujuk kepada perintah Permendagri RI Nomer 26 Tahun 2020, Permendagri RI Nomer 10 Tahun 2009, dan Surat edaran Mentri dalam negeri republik Indonesia Nomer 300.2/239/SJ.

“Secara umum maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah wujud nyata sinergitas pemerintah Kabupaten Bandung Barat dengan berbagai pihak dalam rangka penanganan, dan antisipasi potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di wilayah KBB,” ungkapnya.

Untuk peserta apel gelar pasukan hari ini di ikuti oleh, unsur TNI/Kodim 0609 sebanyak 30 orang, unsur Polri/ polres Cimahi 30 orang, Satpol PP KBB 30 orang, perwakilan anggota Satlinmas dari masing-masing Desa berjumlah 10 dengan total anggota Satlinmas 1.650 orang.

“Petugas ketertiban TPS telah di atur berdasarkan PKPU nomer 8 Tahun 2022 tentang pembentukan dan tata kerja badan ADHOC penyelenggaraan Pemilu,” jelasnya.

Dan untuk Laporan hasil verifikasi data kebutuhan petugas ketertiban TPS di wilayah KBB diperoleh dengan rincian berikut

Jumlah total tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah KBB sebanyak 5.088, kebutuhan petugas ketertiban TPS sebanyak 10. 176 orang dengan rincian 2 orang di setiap TPS, dan hasil verifikasi data terhadap kebutuhan petugas berdasarkan surat KPU nomer 73/PP.04.1-SD/3217/2024 sebagai berikut: Satlinmas 2.402 orang atau 24 persen, unsur masyarakat 7.774 orang atau 76 persen dan total kebutuhan petugas ketertiban tempat pemungutan suara di wilayah KBB telah terpenuhi sebanyak 10.176 orang. (Tina)

Loading