Rabu, Mei 29, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Sigap Antisipasi Bencana, Pemdes Bojong Klapanunggal Sosialisasikan Destana

Klapanunggal,Klikinfoku.com – Hadapi dan antisipasi setiap potensi kerawanan bencana khususnya dalam menghadapi musim hujan, Pemdes Bojong menggelar sosialisasi dan pembentukan Destana (Desa Tangguh Bencana) di aula kantor Desa Bojong Kec Klapanunggal Kab Bogor Jawa Barat Kamis pagi (28/12/2023).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Desa Bojong Ade Nurdiana S.KM yang turut dihadiri Kasi.Pol PP Kec Klapanunggal Atmayasa, S.Sos, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa dan BPD , beberapa staf Desa dan para calon pengurus Destana yang berasal dari Kadus, RW, RT dan elemen masyarakat Desa setempat.

Dalam sambutan dan pengarahannya Kades Ade Nurdiana menyampaikan bahwa pembentukan Destana adalah langkah preventif upaya kita selalu Pemdes dalam mengantisipasi dan menghadapi situasi jika terjadi bencana alam khususnya menghadapi musim hujan saat ini.

“Wilayah kita didominasi perumahan, adapun bencana alam yang mungkin terjadi adalah banjir. Untuk itulah hari ini kita nyatakan kesiapsiagaan antisipasi dalam menghadapi setiap kemungkinan potensi-potensi bencana seperti banjir”, ucap Ade.

Ade berharap sinergitas seluruh komponen Desa Bojong, perangkat Desa, Linmas, Kadus, RW, RT dan juga ke tingkat Kecamatan Klapanunggal Sat-Pol PP, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mewujudkan Desa Bojong menjadi Desa Tangguh Bencana (Destana).

Dihadapan peserta tersebut Ade juga menyampaikan rasa syukurnya dan menjadi torehan yang baik sebagai kado akhir tahun 2023, Desa Bojong diganjar Pemerintah dengan predikat Desa Mandiri dan tidak mudah untuk mendapatkan status ini.

“Kado akhir tahun 2023 kita mendapatkan status Desa Mandiri artinya ada peningkatan kemajuan Desa kita. Dan jika tahun 2023 ini Pemdes masih banyak kekurangan mohon dimaafkan, semoga tahun 2024, semakin baik lagi. Dan terkait Pemilu tahun 2024 khususnya RT, RW harus proaktif di TPS tetapi terkait pilihan dari bapak-ibu tidak perlu diumbar termasuk di Medsos, tetap jaga persatuan dan kesatuan dan persaudaraan,” pungkas Ade.

Atma Ys dari Pemcam Klapanunggal menyatakan dukungannya akan pembentukan dan sosialisasi Destana tersebut. Atma mengingatkan setiap tim Destana agar memahami tugas-tugas yang akan diemban dan selalu bersinergi dengan komponen masyarakat setempat termasuk kordinasi yang baik dengan stakeholder Desa Bojong. (Tom)

Loading