Jumat, April 19, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Melalui Dana Banprov, Kades Semplak Barat Kemang Renovasi Kantor Desa

KEMANG,Lensaexpose.com – Melalui anggaran bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun Anggaran 2023, Pemerintah Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor tengah merenovasi kantor desa.

Proses perehaban atau renovasi kantor desa itu dilakukan terlebih dahulu pembongkaran bagian depan dan beberapa ruangan yang saat ini tengah dikerjakan dan sudah berjalan selama hampir satu bulan.

Kepala Desa Semplak Barat, Abd. Rahman mengatakan anggaran yang diserap dari Banprov Jabar yang dialokasikan untuk perehaban kantor desa tersebut sebesar Rp 81 juta rupiah (termasuk pajak dan upah pekerja).

“Taun ini kita ada penambahan ruangan satu, renovasi ruangan PKK, ruang Sekdes, ganti kusen dan pembuatan dak bagian depan. Dananya dari Banprov Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 81 juta, itu udah termasuk pajak dan upah pekerja,” ujar Kades Semplak Barat, Abd. Rahman kepada Wartawan, Kamis (30/11/23).

Perehaban kantor desa yang saat ini tengah dikerjakan tersebut itu, Kades Semplak Barat menargetkan akan rampung pada beberapa hari kedepan.

Foto: Kantor Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor tengah dilakukan perehaban. Kamis (30/11/23).

“Pengerjaannya sudah berjalan selama 26 hari, mudah-mudahan 2-3 hari ini selesai lah. Apalagi sekarang kan musim hujan juga, jadi segera mungkin cepet beres dan sesuai target” ucapnya.

Sementara di sisi lain, pihaknya juga telah melaksanakan program pembangunan infrastruktur di tiap-tiap wilayah maupun lingkungan.

Baik dari anggaran Dana Desa (DD) maupun dari program Satu Milyar Satu desa (Samisade) tahap pertama dan kedua yang akan segera di monitoring dan evaluasi (Monev) oleh tim verifikasi kecamatan.

“Alhamdulillah kalo untuk program-program lain seperti ketahanan pangan, pembangunan infrastruktur di tiap-tiap wilayah dan yang lainnya sudah berjalan dan hampir semuanya kebagian,” ungkapnya.

Kades mengatakan, program pembangunan infrastruktur tersebut pisiknya ada yang berupa pengaspalan jalan hotmix, pembanguan bronjong dan drainase.

“Dari dana desa kita alokasikan untuk ketahan pangan dan pengaspalan tiga titik di RW.001, RW.06 dan RW.07. Kemudian pembangunan turap tebing ada dua, drainase empat dan jembatan,” terangnya.

Sementara dari Program Samisade, lanjut Kades dialokasikan di wilayah RT.002 RW.001 untuk pembangunan turap bronjong seluas 1080 meter.

“Samisade dari tahap pertama dan kedua kita sudah rampung. Terakhir kemarin dimonev dari kecamatan, mungkin nanti di Monev lagi oleh Inspektorat pada bulan Desember mendatang,” tukasnya. (Rdy)

Loading