Minggu, Juli 14, 2024
Belitung TimurDaerahPemerintahan

Peringati Hari Pahlawan Nasional, Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar Sampaikan Hal Ini

BELTIM,Lensaexpose.com – Kabupaten Belitung Timur menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023. Peringatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Beltim, Jum’at (10/11/23).

Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar menjadi Inspektur Upacara. Sedangkan Letnan Dua Erwin, Perwira Penghubung TNI AU menjadi Komandan Upacara.

Tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini adalah ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Dalam sambutannya, Khairil yang membacakan sambutan dari Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengatakan tema itu diangkat mengingat Bangsa Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” ujar Khairil.

Khairil menekankan bahwa pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa: kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ujar Khairil.

Untuk itulah diakhir sambutannya Khairil berpesan agar peringatan Hari Pahlawan bukan hanya sekedar seremonial semata. Namun dapat dijadikan ajang untuk saling merenung dan bersyukur atas jasa para pahlawan.

“Di hari ini kita patut merenung hasil perjuangan para pejuang yang telah memerdekakan bangsa kita. Bagaimana mereka mempersatukan NKRI, kita patut bersyukur atas segala pengorbanan mereka,” tambah Khairil.

Peringatan Hari Pahlawan dihadiri oleh Forkopimda, Pimpinan OPD serta para peserta upacara, Turut hadir pula para veteran, warakuri serta janda mendiang pejuang kemerdekaan di Kabupaten Beltim. (Tomy)

Loading