Senin, Mei 6, 2024
DaerahJawa BaratPemerintahanPendidikanSukabumi

SMPN 1 Ciracap Sukabumi Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2023

Sukabumi,Lensaexpose.com – SMPN 1 Ciracap, Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menggelar gebyar Hari santri Nasional Tahun 2023, pada Rabu (25/10).

Dalam peringatan hari Santri kali ini diisi dengan berbagai macam kegiatan di antaranya Shalat Dhuha bersama, Tadarusan, membaca buku untuk meningkatkan literasi guru dan siswa, mencintai lingkungan dengan menyiram tanaman dan membersihkan lingkungan sekolah, ngaliwet bersama, makan bersama, shalat dhuhur berjamaah, qiroat, qasidah, dan lomba memakai sarung.

Menurut Kepala SMPN 1 CIRACAP, Ucu herlina,S.Pd.dengan hikmah memperingati hari Santri diharapkan para Siswa SMPN 1 Ciracap dapat memetik hikmahnya, meningkatkan iman dan takwa (imtak) kemandirian dalam berkehidupan sehingga bisa menerima pembelajaran yang bisa di adopsi dari para santri tentang ketaatan dalam menjalankan ibadah.

“Sehingga para Siswa SMPN 1 Ciracap mampu mengatur dan management waktu antara belajar,beribadah,dan mengerjakan kebutuhan pribadinya dalam mengelola waktu, ke uangan, belajar, belanja, dan bersih – bersih tempat tinggalnya, pakaiannya sendiri tampa harus mengandalkan orang tuanya atau yang lainnya.sehingga bisa mengasah keterampilannya dalam memasak dan mengelola makanan tampa merepotkan orang lain sehingga budaya islam dan rasa tanggung jawabnya akan tertanam dari mulai usia dini,” Ungkap Ucu herlina.

Sementara dalam kesempatan acara Hari Santri itu juga di isi dengan tausiah oleh Ustadz Unang Rosadi, S. Pd.I, dalam isi ceramahnya beliau menyampaikan motivasi kepada para Siswa SMPN 1 Ciracap, bahwa seorang muslim harus tangguh dalam menjalani hidup tidak boleh cengeng dan terlena dengan kemajuan jaman.

“Kalian harus berpendidikan dan memiliki akhlak seperti Rasulullah, karena tanpa ilmu bagaikan hidup tanpa ruh atau bagaikan pohon tak berbuah dan memiliki empati, terhadap sesama,” ujar ustadz Unang.

Diakhir ceramahnya Ustadz Unang mengajak untuk Do’a bersama untuk saudara Muslim di Palestina yang sedang mendapatkan ujian agar senantiasa dapat lindungan Allah SWT, dan bencananya cepat berakhir, ujar Ustadz Unang. (Very Ub)

Loading