Selasa, April 30, 2024
BogorJawa BaratPemerintahan

Melalui Program Samisade, Desa Karanggan Gunung Putri Bangun TPT dan Pemagaran Makam

BOGOR,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa dan masyarakat Kabupaten Bogor termasuk beruntung mendapatkan program bantuan keuangan infrastruktur dari Pemerintah Kabupaten Bogor yang populer disebut Samisade (Satu Milyar Satu Desa).

Dapat kucuran dana Samisade tahap 1 tahun 2023 ini, Pemerintah Desa Karanggan Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor Jawa Barat, membangun Tebing Penahan Tanah Dan Pemagaran Makam  yang berada di lingkungan Karanggan Tua RT 05/06  Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jum’at (20/10/23).

Kepala Desa Karanggan Asdi,SE menyatakan bahwa tujuan pembangunan  ini selain sebagai penguat Tanah Dan Pagar juga memperlancar dan mengefektifkan serta mengurangi dampak genangan air terutama saat musim penghujan tiba.

Pembangunan Tebing Penahan Tanah dan Pemagaran  Makam ini dengan ukuran Panjang 129 meter x Lebar 2 meter x  75 meter x 1,5 Meter 27 Meter x 1 Meter 369 Meter x 0,5 meter, dikerjakan secara swakelola dengan melibatkan TPK dan masyarakat Desa Karanggan.

“Dan sumber anggaran untuk pembangunan Tebing Dan Pemagaran  tersebut berasal dari bantuan keuangan infrastruktur Samisade tahap 1 tahun 2023 dengan alokasi anggaran  Rp.500.000.000, (Termasuk Pajak) ”.

Kepala Desa Karanggan Asdi,SE menambahkan bahwa pembangunan di Pemerintah Desa Karanggan sesuai petunjuk melaksanakan pekerjaan secara swakelola yang melibatkan warga sekitar yakni,  RT, RW, Kadus setempat juga TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) dan Perangkat Desa.

“Program Samisade ini adalah tugas kita semua untuk mengawal pembangunan infrastruktur, melihat bagaimana tata pelaksanaannya, pengerjaannya, spesifikasi dan yang lainnya. Dan diharapkan warga juga turut partisipasi dalam swadaya nya, misalnya mereka ikut membantu pada saat ada pelaksanaan pembangunan, karena diharapkan dengan Samisade ini juga timbul ke gotong royongan para warga di wilayah,” ujar Asdi, SE

kepada wartawan  dilokasi kegiatan, Asdi SE, berharap dengan terbangunnya kegiatan program Samisade tersebut bisa memperlancar transportasi warga saat berkendara, nyaman, aman dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, imbuhnya.

Sementara Ketua TPK Desa Karanggan Nurahman , mengatakan pembangunan ini walaupun cuaca kemarau tidak jadi hambatan, diharapkan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan mobilisasi warga, ucapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas program bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten  Bogor. Program bantuan dana infrastruktur Samisade yang digulirkan Bupati Bogor ini kami manfaatkan untuk membangun Tebing Penahan Tanah Dan Pemagaran Makam,” terangnya.

Ketua TPK  Desa Karanggan Nurahman, menambahkan, Pembangunan ini sarana memudahkan akses warga,  Nurahman menyebut bahwa pembangunan Tebing dan Pemagaran  tujuannya untuk memperlancar yang awalnya jalan kalo musim hujan Becek, agar supaya perekonomian masyarakat meningkat pesat.

“Semua proses pekerjaan pembangunan ini didanai dari program anggaran dana Samisade dan dikerjakan secara swakelola masyarakat Desa Karangan ” imbuh Nurahman.(Teddy)

Loading