Selasa, Juni 25, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Kembangkan Inovasi Sosial, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Gelar Gerakan Serbu Pacu

BOGOR,Lensaexpose.com – Komitmen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – SIG, guna mencapai target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 yang berfokus pada inovasi sosial, kembali diwujudkan melalui gerakan Sedekah Seribu Pohon Untuk Anak Cucu (Serbu Pacu).

Gerakan Serbu Pacu ini berkolaborasi dengan sebuah koperasi binaan yaitu Koperasi Konsumen Swadaya Pribumi Klapanunggal (KKSPK), 27 September 2023 di Club House Pabrik Narogong.

Seremoni ditandai dengan penanaman pohon dan pembagian 1.500 bibit pohon, dihadiri para pemangku kepentingan di Kabupaten Bogor, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Camat dan Forkopimcam Klapanunggal, Kepala Desa se-Kecamatan Klapanunggal serta tokoh masyarakat setempat.

“Nantinya bibit – bibit pohon tersebut akan didistribusikan ke lima desa dan delapan bank sampah binaan serta satu Kelompok Ramah Lingkungan (KRL) melalui tim Desa Tangguh Bencana (Destana),” ungkap Nur Lailiyah, General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong.

Ia menjelaskan, pohon memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, mendukung kehidupan di bumi. Selain berfungsi sebagai paru – paru dunia, pohon merupakan kunci untuk melawan pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin mengancam.

“Hal inilah yang membuat SBI Pabrik Narogong bersama KKSPK melakukan kolaborasi untuk mendorong upaya-upaya dalam menjaga kelestarian alam yang bernilai tambah. Dengan pengelolaan yang tepat, inisiatif – inisiatif ini bisa menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan global yang terjadi,” ujar Laily.

Oleh karena itu, lanjutnya, keterlibatan dari para pemangku kepentingan dan mitra binaan sekitar area operasional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan gerakan yang berkelanjutan.

Laily menambahkan sejak tahun 2020, SBI Pabrik Narogong telah melakukan penanaman sebanyak 13.000 pohon di sekitar area operasional perusahaan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian SBI menjaga keberlanjutan ekosistem untuk mewujudkan masa depan yang dicita-citakan.

“Di samping menjalani proses bisnis, SBI tetap memperhatikan langkah-langkah konkret untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan mewariskannya kepada anak cucu dalam kondisi yang lebih baik,” tutup Laily.

Kontribusi yang telah dilakukan oleh SBI Pabrik Narogong tersebut, mendapatkan apresiasi dari DLH Kabupaten Bogor yang berharap semakin banyak pihak yang berpartisipasi untuk melindungi keanekaragaman hayati dalam rangka pengendalian pencemaran udara.

“Kami berterima kasih atas dukungan SBI Pabrik Narogong yang telah terlibat dalam kegiatan penanaman pohon di Kabupaten Bogor.,” kata Mohamad Haris, Sub Koordinator Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Senada, Camat Klapanunggal, Galuh Sri Wahyuni, turut mengapresiasi peran KKSPK sebagai pelopor Koperasi Peduli Lingkungan (Koperasi Hijau) di wilayah Kecamatan Klapanunggal.

“Dengan kemandirian yang telah diraih oleh KKSPK, saya berharap semakin banyak UMKM yang berani untuk keluar dari zona nyaman dan dapat meraih kesuksesan demi terciptanya lingkungan yang lebih asri,” tukas Camat. (Rdy)

Loading