Minggu, April 28, 2024
BogorDaerahJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Warga Desa Rancabungur Gelar Panen Raya Sorgum Varietas Super 9

RANCABUNGUR,Lensaexpose.com – Masyarakat Desa Rancabungur tepatnya di Kampung Karacak RT 3 RW 07 Desa Rancabungur Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor, melakukan kegiatan panen raya sorgum varietas super 9.

Kegiatan panen raya tersebut di hadiri langsung oleh Asep Mulyana Sudrajat Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor, Camat dan Sekcam Rancabungur; Kapolsek Rancabungur; Kabid Kelembagaan Diskop UMKM, UPT Pertanian, Penyuluh, Kepala Desa Rancabungur, pimpinan lembaga Desa serta pihak Koperasi Gerak Nusantara.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan mengungkapkan, bahwa tanaman sorgum diinisiasi Kelompok Tani Rawayan Kahuripan Rancabungur dengan jangka waktu panen 90 hari. Sorgum, merupakan tanaman serbaguna yang bisa menjadi satu alternatif pengganti beras, dengan cara penanaman yang relatif mudah.

“Dalam giat ini dilaksanakan pula simbolis penyerahan bibit sorgum kepada kelompok tani desa serta simbolis panen sorgum,” ungkap Asep Mulyana Sudrajat, Jum’at (15/9/2023).

Sementara Camat Rancabungur, Dita Aprilia mengatakan, di waktu yang akan datang pihaknya akan melaksanakan sosialisasi yg lebih masif lagi terkait tanaman sorgum sebagai tanaman pengganti beras untuk upaya ketahanan pangan.

“Nantinya kami akan bekerja sama dengan beberapa pihak terkait untuk pemanfaatan lahannya dan berkolaborasi dengan Pemdes di dalam program ketahanan pangan.

Dengan daya dukung dari Koperasi Gerak Nusantara maka akan lebih memudahkan langkah para petani dan kelompok tani,” ucapnya.

Sedangkan, Ketua Koperasi Gerak Nusantara Bogor Raya, Friska Hanakin mengaku kegiatan panen Raya ini sebagai bentuk kolaborasi antara petani, kelompok tani dan unsur pemerintah mulai dari tingkat Desa, kecamatan hingga Kabupaten.

“Kita berharap ke depan nantinya, program tanaman sorgum sebagai pengganti beras ini akan semakin meluas dan bisa jadi program dari pemerintah sebagai bagian upaya ketahanan pangan,” tukas Teh Ika, sapaan akrabnya. (Rdy)

Loading