Sabtu, April 27, 2024
BogorDaerahJawa BaratPemerintahan

Launching Samsisade, Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng Bangun Jalan Desa

CISEENG,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, launching Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) yang bertajuk “Dengan Program Samisade Mari Kita Tingkatkan Program Infrastruktur Dalam Rangka Mendukung Kabupaten Bogor Maju”. Pada Selasa, 12 September 2023.

Program Samisade adalah salah satu program Pemerintah Kabupaten Bogor berupa bantuan keuangan infrastruktur desa, yang diproyeksikan untuk mendorong peningkatan ekonomi desa. Setiap Desa di Kabupaten Bogor mendapatkan bantuan samisade setiap tahunnya, yang mana merupakan bagian dari Pancakarsa Bogor Membangun.

Dalam giat launching Samisade itu dihadiri oleh Plt Camat Ciseeng, Kurnia Indra yang turut didampingi Sekcam, H. Agus Sopyan, Kasi Ekbang Lukman, Kasi Trantib Tajudin, Ketua BPD berserta jajarannya, LPM Bambang dan Ketua TPK Desa Putatnutug Egi, turut disaksikan juga oleh Kepala Dusun 1 Dedin beserta RT dan RW.

Sebagai simbolis akan dilakukannya pengaspalan jalan dengan menebar batu kerikil yang diawali oleh Kades Putatnutug M. Darmawan. Kemudian Plt Camat Ciseeng, Kurnia Indra dengan alat kerja cangkul.

Kemudian dilanjutkan dengan pengoperasian mesin giling oleh Kepala Desa M. Darmawan kepada Ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) Egi dan penebaran batu krikil yang dilakukan oleh Camat, Kades, M. Darmawan langsung kemudian digilas oleh operator mesin pertanda pelaksanaan kegiatan pengerjaan jalan dimulai.

Saat dimintai keterangan, Egi selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) mengatakan, kerikil yang di tebar nantinya akan di padatkan untuk pemerataan jalan. Ia ingin hasil maksimal dan bermanfaat bagi warga masyarakat Putatnutug maupun pengguna jalan.

“Pembangunan pengaspalan jalan desa lokasinya di Kp. Putatnutug RT003 /RW. 002 Sepanjang 1150 X 3 X 003 M dan Kp. Ketapang RT002/RW.002 TPT. 70X0.3. X 1M dengan satu milyar satu desa program bantuan keuangan infrastruktur desa sebesar Rp.527 730.000.- termasuk pajak 12.5%,“ terang Egi.

Bersama tim pelaksana kegiatan, Egi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bogor yang telah mengucurkan anggaran Samisade dan juga kepada Kepala Desa Putat Nutug yang sudah memprioritaskan jalan tersebut, mengingat kondisi jalan tersebut sangat rusak.

Sementara ditempat terpisah H. Ukar saat media minta tanggapan terkait pengaspalan menyampaikan, jalan ini adalah jalan penghubung antar RT.

“Jadi jalan ini adalah akses masyarakat yang sangat di butuhkan baik oleh anak sekolah SMP dan SMK Joyorejo dan warga akan sangat terbantu bila jalan ini sudah bagus mengingat mobilitas kehidupan masyarakat semakin tinggi,” ungkapnya.

Kepala Desa putat nutug M. Darmawan memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Muspika Ciseeng dalam mengapresiasi samisade.

“Saya meminta kepada masyarakat, agar juga mengawasi kegiatan ini agar hasilnya benar-benar maksimal sesuai apa yang di harapkan dan sesuai dengan RAB-nya, karena ini tanggung jawab saya bukan tanggungjawab LPM atau pun BPD dan juga bukan tanggung jawab Pak Camat,” terang M. Darmawan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Bogor yang telah mengucurkan anggaran Samisade sebagai bantuan keuangan infrastruktur desa dan selamat kepada Bapak Iwan Setiawan yang sudah definitive menjadi Bupati Bogor,” Ucapnya.

Dalam sambutannya mengatakan, Samisade pengerjaannya adalah Padat Karya, masyarakat padat karya, dibayar upah kerjanya bukan lagi gotong royong.

Plt Camat Ciseeng Kurnia Indra berpesan, kepada para kepala desa di Kecamatan Ciseeng, dalam menggunakan Program bantuan Pemerintah seperti Dana Desa (DD) Banprov termasuk Samisade, ikuti dan laksanakan sesuai dengan aturan juklak dan juknis.

Demikian juga untuk pengadministrasian sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban dalam penggunaan anggaran.

“Dana Samisade ini adalah tambahan dana yang sudah dikucurkan pemerintah pusat yaitu Dana Desa (DD) dan dari Pemerintah Provinsi Jawa-Barat, dan semua itu adalah program pemerintah hendaknya bisa dilaksanakan dengan baik serta tepat sasaran agar bermanfaat buat masyarakat,” tegas Kurnia Indra. (Ry/Zul)

Loading