Rabu, Juli 24, 2024
BogorDaerahJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Alami Kekeringan, DESTANA Desa Putatnutug Keliling Sebar 5 Tanki Air Bersih Perhari Pada Warga

CISEENG,Lensaexpose.com – Anggota Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Desa Putatnutug, Kecamatan Ciseeng berkeliling ke tiap wilayah untuk menyalurkan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan air bersih akibat musim kemarau panjang.

Dalam penyaluran air bersih itu, DESTANA Putatnutug bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Saat dikonfirmasi, salah satu anggota Destana Desa Putatnutug, Uum menyampaikan, giat penyaluran air bersih itu pihaknya menggunakan Mobil Tanki BPBD Kabupaten Bogor. Sementara dalam satu penyaluran air bersih itu bisa menghabiskan sekitar 5 tanki air bersih atau satu kali keliling dalam sehari.

“Giat penyaluran ini kita kerjasama dengan BPBD Kabupaten Bogor. Penyalurannya kita keliling ke tiap RW dan RT. Sehari itu bisa 5 tangki, ada yang 1 tangki 2 RT, tergantung warga yang membutuhkan air bersih dan yang benar-benar terdampak kekeringan,” ujar Uum melalui pesan WhatsApp-nya, Rabu (13/9/23).

Ia menuturkan, semenjak musim kemarau tiba, warga desa Putatnutug di beberapa wilayah mulai mengalami kekeringan air bersih. Terutama di wilayah yang rawan akan kekeringan air, seperti di Kp. Putatnutug, Raning, Kedokan dan Kampung Curug.

“Jadi selama ini kan warga hanya mengandalkan air sumurnya masing-masing tuh, dan semenjak musim kemarau panjang tiba jadi pada kering. Akhirnya warga terpaksa turun ke Sungai Cisadane untuk mencuci baju dan mandi. Tapi kalau untuk konsumsi kita kirim keliling ke tiap RW dan RT sesuai pengajuan,” jelasnya. (Rdy)

Loading