Sabtu, April 27, 2024
BandungDaerahJawa BaratPolitikSosial & Budaya

Dewan PDIP Ini, Yakin Kemendagri Akan Hargai Kearifan Lokal Penentuan Pj Bupati KBB

Bandung Barat,Lensaexpose.com –  Anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB), Deni Setiawan yakin kementrian dalam negeri (Kemendagri), akan hargai kearifan lokal tentang penentuan Pj Bupati KBB.

Deni juga menangkis isu, jika Kemendagri sudah mempunyai jago Pj Bupati KBB di luar dari rekom yang diajukan DPRD KBB.

“Itu kan baru isu. Kita semua belum melihat surat keputusannya,” ujar Deni kepada Redaksi Lensaexpose.com, Kamis 7 September 2023.

Tidak hanya itu, Deni meminta semua pihak agar berbaik sangka selama Surat Keputusan (SK) Pj Bupati Bandung Barat belum keluar.

“Walaupun Kemendagri punya kewenangan menentukan Pj Bupati, namun Kemendagri juga akan menghormati alur yang sudah ditempuh DPRD yang sudah menjaring dan menyaring serta mengusulkan nama-nama calon Pj Bupati melalui Gubernur,” ujar Deni.

Disebutkan juga, keputusan Gubernur tidak mengubah nama-nama yang sudah dijaring di DPRD untuk diusulkan ke Kemendagri.

“Maka dari itu saya sangat meyakini kalau Kemendagri akan menghargai dan menghormati ke arifan lokal. Tidak mungkin Kemendagri menunjuk pj bupati orang yang di luar rekomendasi DPRD,” sebut Deni.

Pihaknya berharap, masyarakat tidak terpancing atas isu yang berkembang jika Kemendagri sudah mengeluarkan putusan Pj Bupati di luar usulan Dewan.

“Saya yakin Kemendagri akan mendengarkan aspirasi masyarakat yang ditampung dan diusulkan melalui usulan DPRD. Biar lah Kemendagri memilih yang terbaik dari tiga nama yang diusulkan DPRD dan gubernur,” pungkasnya.

Seperti diketahui, desas desus muncul nama Pj Bupati Bandung Barat yang direkomendasi Kemendagri di luar usulan dewan, memancing riak di masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan beberapa ormas dan LSM melakukan audensi ke DPRD Bandung Barat yang diterima langsung Ketua DPRD KBB Rismanto, Kamis 7 September 2023. ***

Loading