Minggu, Juli 14, 2024
BogorJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Rayakan Tahun Baru Islam, Kades Cicadas H. Ujang Yani Gelar Santunan Anak Yatim dan Perlombaan Dondang

CIAMPEA, Lensaexpose.com – Kepala Desa Cicadas Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, H. Ujang Yani menggelar acara spesial dengan mengadakan santunan untuk 225 orang anak yatim serta perayaan tahun baru Islam. Acara yang digelar di Desa Cicadas ini berhasil menyentuh hati warga, yang dengan antusias menyambutnya dengan persembahan dondang dari setiap Rukun Warga (RW).

Santunan anak yatim yang digelar oleh Kepala Desa tersebut menjadi momen berharga bagi 225 anak yatim dan warga yang ada di Desa Cicadas.

Setiap anak mendapatkan perhatian dan hadiah untuk meringankan beban hidup mereka. Kepedulian Kepala Desa serta warga Desa Cicadas terhadap kaum dhuafa semakin menunjukkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial yang tinggi dalam komunitas mereka.

Tidak hanya santunan, tetapi acara tersebut juga mempunyai rangkaian perlombaan dondang yang meriah. Dalam perlombaan ini, setiap RW di Desa Cicadas menampilkan bakat seni dondang yang mereka miliki.

Dondang tersebut sebagai salah satu seni tradisional yang populer di daerah ini, mampu memikat perhatian penonton dengan keindahan vokal dan maknanya yang mendalam.

Kepala Desa H. Ujang Yani menyampaikan bahwa santunan tersebut menggunakan uang pribadi dan aparatur desa setempat.

“Acara ini diselenggarakan rutin untuk setiap tahun 2 kali, dan perlombaan dondang ini juga merupakan upaya untuk melestarikan budaya lokal dan mengajarkan generasi muda tentang kekayaan seni tradisional,” ujar H. Ujang Yani. (28/7/2023)

Ia berharap, dengan adanya perlombaan ini, generasi muda dapat lebih mencintai dan melestarikan seni dan budaya asli daerah mereka.

Tak hanya memberikan apresiasi kepada setiap peserta, Kepala Desa juga memberikan hadiah untuk juara 1 hingga 3 sebagai bentuk penghargaan atas usaha dan kreativitas mereka dalam menyajikan dondang terbaik. Hadiah-hadiah ini diharapkan dapat mendorong semangat seni masyarakat Desa Cicadas agar terus berkembang dan diperdalam.

Acara yang diadakan Kepala Desa H. Ujang Yani ini mendapatkan respons yang positif dari seluruh warga Desa Cicadas. Semangat gotong-royong dan rasa kebersamaan semakin terjalin erat, memperkuat tali persaudaraan di antara seluruh lapisan masyarakat.

Di akhir acara, Kepala Desa H. Ujang Yani menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari warga Desa Cicadas. Ia berharap semoga semangat kebaikan ini terus terjaga dan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk melakukan kegiatan sosial serupa.

“Semoga acara santunan anak yatim dan perlombaan dondang ini menjadi tradisi yang dapat dijadikan momentum berbagi dan merayakan kebersamaan di masa yang akan datang. Selamat tahun baru Islam dan semoga kebaikan selalu menyertai Desa Cicadas,” pungkasnya. (Rival Permana)

Loading