Selasa, Mei 28, 2024
GarutJawa Barat

Bupati Garut Hadiri Musyawarah Cabang X Pemuda Pancasila

Garut, Lensa Expose.com

Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri acara Musyawarah Cabang (Muscab) X Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Garut, bertempat di Gedung Art Center, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (10/7/2023).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut menyampaikan bahwa ormas Pemuda Pancasila sudah berdiri hampir 6 dekade, yang telah didirikan sejak jaman orde lama. Ia menerangkan, bahwa Pemuda Pancasila menjadi benteng dari perjuangan panjang yang melahirkan masa orde baru.

“Di zaman orde baru, Pemuda Pancasila berkiprah dan tetap eksis dan diakui pada zaman yang pada saat itu gelora masyarakat Indonesia yang disponsori oleh mahasiswa melahirkan orde reformasi,” ucapnya.

Ia mengatakan, mengingat Pemuda Pancasila sudah berumur 60 tahun lebih, maka PP ini adalah organisasi yang sangat dewasa, mapan, dan juga organisasi yang konsisten yaitu menjaga nilai-nilai luhur Pancasila.

Rudy memaparkan, bahwa sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana Pemuda Pancasila membangun organisasinya dengan baik, hal ini dibuktikan dengan para anggota Pemuda Pancasila yang bergotong royong membeli atributnya secara mandiri.

Bupati Garut memuji dan mengatakan bahwa hal ini merupakan hal yang luar biasa dan merupakan kesadaran terhadap organisasi Pemuda Pancasila. “Karena kalau organisasi itu diberi, ini tidak ada nilai loyalitasnya, tapi kalau bapak ibu saudara-saudara sekalian, untuk membuat uniform kan membeli sendiri, ini artinya ada kecintaan karena di dalamnya ada logo Pancasila,” ucapnya.

Bupati Garut secara khusus mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemuda Pancasila dan ormas lain yang telah bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam menangani masalah Covid-19 di Kabupaten Garut.

“Tentu untuk Garut, saya ucapkan terimakasih telah membantu dalam rangka pelaksanaan (penanganan) Pandemi Covid-19 bersama dengan TNI Polri dan pemerintah daerah serta seluruh stakeholder yang lainnya di masyarakat Kabupaten Garut,” lanjutnya.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Garut, Delit Suparman, mengatakan, Pemuda Pancasila merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1959, yang bertujuan untuk menjaga dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat.  Visi Pemuda Pancasila adalah untuk mewujudkan Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila sehingga masyarakat Indonesia akan hidup dalam kemakmuran, toleransi, kesejahteraan, keadilan dan persatuan,

“Visi ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi setiap anggota Pemuda Pancasila agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan berpihak pada nilai-nilai Pancasila,” tandasnya. (Susan/R)

Loading