Senin, April 29, 2024
BandungJawa BaratPemerintahan

Congratulation KBB, dalam PKJB Tahun 2023 KBB Borong Tiga Penghargaan Sekaligus

Jabar,Lensaexpose.com – Dalam helaran Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) Tahun 2023 yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat di pelataran Gedung Sate Bandung, Sabtu (8/7), dari 27 kabupaten/ kota se-Jawa Barat, Kab. Bandung Barat memborong 3 penghargaan dari tiga kategori berbeda.

Tiga penghargaan tersebut diantaranya sebagai Juara 1 Lomba Helaran kab Kota Provinsi Jawa Barat, Juara 1 Kriya Terbaik Berbahan Baku Batu-batuan dan Juara 2 Kategori Pembina Teladan Dekranasda untuk Ketua Dekranasda Kab. Bandung Barat, Sonya Fatmala.

Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan bahwa penghargaan tersebut ditorehkan oleh Dekranasda kab. Bandung Barat dan dapat terwujud berkat kerja keras seluruh Perangkat Daerah (PD) bekerjasama dengan para pelaku ekonomi kreatif Kab. Bandung Barat.

 

“Ini adalah satu bentuk kekompakan serta kolaborasi yang telah kami lakukan selama ini, sehingga dapat menorehkan berbagai prestasi terbaik dan mengalahkan 26 kabupaten kota lainnya di Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Prestasi ini juga sebagai bukti bahwa Dekranasda Kab. Bandung Barat yang diketuai Bunda Sonya Fatmala benar-benar telah hadir dan berhasil melakukan pembinaan kepada para pengrajin serta pelaku ekonomi kreatif, sehingga dapat terus menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang lebih baik dari waktu ke waktu.

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Dekranasda Kab. Bandung Barat yang dipimpin oleh Bunda Sonya Fatmala. Dan seluruh penghargaan yang kita raih hari ini, kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Kab. Bandung Barat,” ujarnya.

Dari prestasi yang telah diraih ini, Hengki berharap sector ekonomi kreatif di Kab. Bandung Barat dapat terus berkembang. Dan dirinya akan terus mendorong para generasi muda untuk terus berkarya dan melahirkan kreatifitas terbaiknya agar dapat turut berkontribusi untuk Bandung Barat tercinta.

Walaupun masih berusia seumur jagung, ternyata dibawah pembinaan tangan dingin seorang Sonya Fatmala, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Bandung Barat mampu memperlihatkan taji-nya dan menorehkan beberapa prestasi pada Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) Tahun 2023 yang digelar Dekranasda Provinsi Jawa Barat di pelataran Gedung Sate Bandung, Sabtu (8/7).

Tidak tanggung-tanggung, 3 penghargaan sekaligus ditorehkan pada kegiatan yang diikuti oleh 27 dekranasda kabupaten kota se-Jawa Barat, diantaranya sebagai Juara 1 Lomba Helaran kab Kota Provinsi Jawa Barat, Juara 1 Kriya Terbaik Berbahan Baku Batu-batuan dan Juara 2 Kategori Pembina Teladan Dekranasda untuk Ketua Dekranasda Kab. Bandung Barat, Sonya Fatmala.

“Alhamdulillah, kami memperoleh 3 penghargaan sekaligus untuk 3 kategori berbeda pada PKJB Tahun 2023. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama para perajin di Bandung Barat. Ini bisa jadi momentum kita untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkenalkan seluruh produk UMKM KBB ke pasar yang lebih luas lagi,” katanya.

Selama ini Dekranasda Kab. Bandung Barat telah melakukan berbagai inovasi pembinaan kepada perajin di Bandung Barat. Mulai dari menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi kreatif, pengembangan kegiatan kriya dan menyerap aspirasi para perajin.

“Sampai saat ini, kami tetap solid dan kompak untuk terus berkolaborasi, baik dengan Pemerintah Daerah maupun dengan para pengrajin. Dan hasilnya pun banyak produk-produk kita bisa bekerjasama diantaranya dengan pihak luar, salah satunya IKEA Kotabaru Parahyangan. Saya berharap, ekosistem seperti ini bisa terus bertumbuh,” tuturnya.

Sonya menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendorong potensi kriya di Kabupaten Bandung Barat agar dapat terus berinovasi, berkreasi dalam mengembangkan hasil produk kriya. Apalagi, selama ini ia juga secara rutin mengunjungi para pelaku melalui program Ngabaso Urat (Nganjang Pengrajin Bareng Teh Sonya Untuk Bandung Barat.

“Selama saya turun langsung ke perajin, sehingga dapat melihat langsung berbagai aktifitas dan hasil karya para perajin. Potensinya sangat luar biasa sekali. Maka dari itu, selain memperbanyak pameran dan membuat event bersama masyarakat, kami juga akan turut membantu mereka mempromosikan kreasinya melalui berbagai sosial media,” tandasnya. (Tina)

Loading