Sabtu, Juni 15, 2024
DaerahKesehatanPemerintahanTanjungbalai

Pemkot Tanjungbalai Gelar Pelatihan Stunting Bagi Anak Kekurangan Gizi di Kota Tanjungbalai Tahun 2023

Tanjungbalai|Lensaexpose.com

Dalam rangka kegiatan pelatihan Stunting kekurangan gizi anak kota Tanjungbalai tahun 2023, yang bertajuk “Cerdas Berbudi Guru PAUD” pada Selasa,(4/7) bertempat di Aula Dinas Pendidikan Jl. Jend. Sudirman Kelurahan Sirantau Kecamatan Datuk Bandar Tanjungbalai.

Jumlah peserta Lebih kurang 50 orang terdiri dari: Guru Paud Kota Tanjungbalai Turut Hadir :Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib S. Ag. MM Asisten 2 Pemko Tanjungbalai Susanto SE Kadis Pendidikan Hj Delima S. Pd MM Narasumber Dari Dinas Kesehatan Oleh Dwi Rahmi Zaki SKM, MPH.

Arahan dan bimbingan Sekaligus membuka Acara oleh Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib S. Ag MM menyampaikan :

Masalah Stunting masyarakat perlu memahami faktor apa saja yang menyebabkan stunting. Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama.

Sehingga, anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir dan Faktor ibu dan pola asuh yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktik pemberian makan kepada anak juga menjadi penyebab anak stunting apabila ibu tidak memberikan asupan gizi yang cukup dan baik.

Ibu yang masa remajanya kurang nutrisi, bahkan di masa kehamilan, dan laktasi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak.

“Jadi kami atas nama pemerintah sudah membuat kebijakan bahwa anak yang mau menikah sebelum dia mengurus NA, harus di periksa dahulu dari kesehatannya dan segi lainnya yang mengacu pada kelanjutan berumah tangga mereka nantinya karena sekarang banyak nya remaja-remaja yang menggunakan narkoba dari situ lah nantinya akan muncul stanting kepada anak mereka.

Berdosa kita jika kita dirumah banyak makanan tetapi tetangga atau Ziran kita tidak makan maka bantulah mereka.

Semoga Tanjungbalai ini menjadi yang lebih baik dimasa yang akan datang dan jauhkan lah dari mu,” papar H. Waris Thalib.

Pemberian secara simbolis oleh Walikota Tanjungbalai, pukul 12.10 WIB Kegiatan Pelatihan Stunting Kekurangan Gizi Anak Kota Tanjungbalai Tahun 2023 telah selesai dengan keadaan aman dan tertib.(A Fazari)

Loading