Minggu, April 28, 2024
BandungDaerahJawa BaratPemerintahanSosial & Budaya

Perangi Penggunaan Gadget Pada Anak, Pemkab Bandung Barat Rutin Gelar Olahraga Tradisional

Bandung Barat,Lensaexpose.com – Demi memerangi penggunaan gadget dikalangan anak-anak yang dapat berdampak negatif bagi pertumbuhan fisik dan psikologis, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menggelar Festival Olahraga Tradisional yang digelar di Lapang Sepakbola Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Selasa (27/6) pagi.

Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan selalu menggelar event rutin olahraga tradisional dalam rangka memerangi anak-anak di era Digital yang sering bergelut dengan Gadget.

Hengky Kurniawan juga menjelaskan, bahwa olahraga/ permainan tradisional yang berada dibawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) merupakan permainan rakyat yang sudah menjadi bagian dari budaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, sehingga patut untuk dilestarikan.

“Olahraga tradisional dapat sedikit memerangi penggunaan Gadget dikalangan anak-anak,” ujar Hengky.

Kegiatan olahraga ini dirasa Hengky sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis. Karena selain mengandalkan kemampuan fisik, berbagai permainan tradisional juga sangat menyenangkan untuk dimainkan, sehingga akan berdampak pada tingkat kebahagian para pelakunya.

“Sehingga akan sangat berdampak pada metabolisme tubuh jika dibanding dengan bermain gadget sepanjang hari,” katanya.

Event olahraga tradisional rutin diadakan dalam rangka memupuk semangat para atletnya agar dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam mengharumkan nama Kabupaten Bandung Barat.

Hengky juga berujar untuk para atlet olahraga tradisional, yang akan bertanding dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PORNAS), diminta seluruh atlet Bandung Barat untuk selalu semangat agar dapat menyumbangkan prestasi terbaiknya.

“Kami akan memberikan dukungan penuh bagi para atlet yang akan bertanding pada Pornas. Karena seluruh atlet dari Bandung Barat akan menjadi kontingen Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Dihimbau pula kepada seluruh atlet untuk berikan kontribusi terbaik untuk Kab. Bandung Barat dan Jawa Barat, dan harumkan nama baik tiap daerahnya.

Dalam Festival Olahraga Tradisional kali ini, Hengky berkesempatan untuk memainkan beberapa permainan tradisional yang dipertandingkan, seperti Sumpit dan Engrang yang membangkitkan kembali kenangan masa lalunya ketika menjalani masa kecil di kampung halaman.

“Festival ini juga membangkitkan kembali kenangan masa lalu sewaktu saya menjalani masa kanak-kanak dikampung halaman,” pungkasnya. (Tina)

Loading