Jumat, April 19, 2024
DaerahPemerintahanPendidikan

Study Lapangan Ke Lapas, Siswa SMKN 1 Tanjungpandan Ini Dapat Edukasi Sadar Hukum

Belitung, Lensaexpose.com

Dalam rangka pembentukan karakter siswa-siswi dan penguatan materi pembelajaran, sebanyak 34 orang siswa Kelas 12 TKJ SMK Negeri 1 Tanjungpandan melakukan kunjungan studi Lapangan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel, Selasa (30/11/2021).

Siswa-siswi dikumpulkan di Aula Lapas, setelah sebelumnya dilakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh, Pemeriksaan di Area Steril oleh Anggota P2U dan Penjelasan Tata Tertib di Lapas. Kegiatan diawali dengan Sambutan dari Sekolah dan Lapas dan dilanjutkan dengan Talk Show Interaktif seputar Tugas dan Fungsi Lembaga Pemasyarakatan.

Guru Pendamping Sulami, S.Pd Mewakili Kepala SMK Negeri 1 Tanjungpandan menyatakan bahwa maksud diadakannya kunjungan ini sebagai Studi Lapangan Mata Pelajaran PPKN Materi Perlindungan dan Penegakkan Hukum. Kami harapkan dengan kunjungan kelapangan Pemahaman siswa khususnya terkait Norma Hukum dapat lebih maksimal.

Selain itu juga Siswa diharapkan mendapatkan pembelajaran terkait Tugas dan Fungsi dari Lembaga Pemasyarakatan, serta memberikan pengalaman kepada siswa – siswi untuk melihat langsung kondisi Lapas dan mendapatkan informasi terkait program – program Pembinaan di Lapas.

Sementara itu Mewakili Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Kasubag Tata Usaha Hendra Kurniawan, S.AP memberikan apresiasi atas diadakannya kunjungan Study Lapangan siswa-siswi SMK Negeri 1 Tanjungpandan. dalam Sambutannya Hendra menjelaskan Tugas, Fungsi dan Peran Lapas dalam membina masyarakat yang menjalani Pembinaan di Lapas. Sedangkan untuk siswa-siswi bisa juga menjadi alarm kehidupan, jika melanggar maka mereka akan mendapat lampu merah seperti yang dialami para warga binaan Lapas.

Kegiatan dilanjutkan dengan Dialog Interaktif dan Tanya Jawab dengan Narasumber Kasi Adm Kamtib Heri S.AP dan Kasubsi Registrasi & Bimkemas Endang Meidiansyah, S.AP. nampak antusias siswa menyimak dialog yang pandu oleh Yovie Agustian Putra selaku Moderator terkait dengan Tusi dan Program Pembinaan di Lapas Kelas II Tanjungpandan.

Endang Meidiansyah yang juga merupakan Alumni SMK Negeri 1 Tanjungpandan menceritakan pengalamannya dari SMK Jurusan Akutansi hingga akhirnya bergabung menjadi Petugas Pemasyarakatan.

Dirinya juga menjelaskan terkait Inovasi – inovasi unggulan yang disiapkan jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan untuk WBP dan masyarakat. Yang menarik lagi, Endang tidak mau jika warga binaannya disebut sebagai orang yang sesat, mereka hanya salah jalan dalam satu tikungan permasalahan.

Dengan mengikuti tahapan – tahapan Pembinaan di Lapas diharapkan mereka para warga binaan mampu menjadi tauladan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. “Jauhi Pergaulan dan Lingkungan yang dapat menghantarkan kalian menjadi Pelaku Tindak Pidana”, pesan Endang

Salam Pembaharuan …. Kami PASTI, !!! SMK………… BISA…!!!, Teriak Siswa dihalaman Lapas menutup kegitan dengan Foto bersama dan Yel Yel penuh semangat. (Lendra)

Loading