Sabtu, Juni 22, 2024
Kajian IslamiSosial & BudayaTanjungbalai

HAUL KE 20 TUAN SYECH H. MUHAMMAD ISYA SITORUS AL KHOLIDI NAQSYABANDI .

Tanjungbalai, Lensaexpose.com – Rumah Suluk  BABUSSALAM Jalan Lingkar Utara Kelurahan Sei. Raja Kecamatan ST. Raso Kota Tanjungbalai Dilaksanakan Peringatan Hari Wafat / Haul  Syech H. Muhammad Isya Sitorus yang Ke 20.

Kegiatan HAUL yang Ke 20 ini di hadiri oleh :Gubernur Sumut, Letjen TNI ( Purn)  Edy Rahmayadi Di Dampingi ;Kadispora Sumut, H.Baharuddin Siagian, SH, MSi, Kepala Dinas Pendidikan Sumut, DR. H.Asren Nasution, MA, Kabiro Administrasi Pimpinan Pemprovsu , Abdul Rasyid Ritonga, AP, MM, Kadis Kominfo Sumut Ilyas S. Sitorus, SE, M.Pd, Kadis Kesehatan Sumut Dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes Bersama staf ASN Pemprovsu.

Walikota Tanjungbalai, H. Waris Thalib, S. Ag, MM. Penceramah dari Provinsi Riau Drs. H. Abdul Wahab, M. Ed Mewakili Kapolres, AKBP H. Jumanto, SH, MH Mewakili Danlanal , Mayor Laut Kuswadi Para Kepala OPD, Camat lurah dan Kepling Pemko Tanjungbalai. Ketua MPC PP Tanjungbalai HM. KosasihoKetua KNPI “Energi Of Harmony” Tanjungbalai, Zulham Effendi, S. Sos, SH Jamaah yang hadir sekitar 600 orang terdiri dari Jamaah laki- laki dan perempuan dan para jamaah Tuan Syech dari Persulukan Kabupaten Asahan, Batu bara , Kota Tebing Tinggi ,Pematang Siantar dan Kota Tanjungbalai.

Hari Peringatan Wafat nya Tuan Guru Syech H. Muhammad Isya Sitorus Al Kholidi Naqsyabandi. Kita sebagai penerus perjuangan beliau haruslah benar benar mengikuti ajaran dan mencontob kepribadian beliau.

Tuan Syech adalah Pejuang yang istiqomah dalam Tarekat Naqsyabandiyah, beliau Adalah Mursyid utama yang Pendapat nya menjadi pegangan dan pedoman khusus nya bagi aliran tareqat Naqsyabandiyah.
Tarekat yang Masih eksis ada 64 Tarekat termasuk tareqat shalawat yang harus kita lestarikan sampai saat ini.

Sambutan Pimpinan Rumah Suluk Syech H. Muhammad Ridwan Sitorus
Selamat datang kami ucapkan kepada bapak Gubernur Sumut di rumah suluk babussalam dan juga terima kasih kami atas kehadiran bapak Walikota semoga psk gubernur dan pak walikota dapat terus melanjutkan pembangunan di daerah yang kita cintai ini.

Disini Sedikit saya Menyampaikan Riwayat Hidup Tuan Syech H. Muhammad Isya Sitorus Al kgolidi Naqsyabandi yang mana orang tua kami ini berasal dari porsea kabupaten tapanuli utara lalu membuka hutan di daerah Tanjungbalai Asahan Kemudian bermukim di sini.

Sambutan Gubernur Sumut.Hari ini saya Hadir disini Atas Undangan Tuan – Tuan Guru kita Di Rumah Suluk Babussalam Yang Sama kita Cintai ini.

Nanti kita bangunkan tempat yang lebih bagus lagi untuk tempat zikir, kalau tempo hari sudah kita bantu, nanti akan kita bantu lagi.

Pada Hakikat nya Semua Kitab kitab yang di turunkan kepada nabi semua menuntun pada kebaikan kepada ummat nya seperti Al quran, zabur, Taurat dan injil.

Banyak Di Antara Kita yang belum Mengetahui Kapan Islam Masuk di Sumatera Utara. Islam masuk ke Sumut di bawa oleh Syech Mahmud di daerah barus Kabupaten Tapanuli.

Doa Penandatanganan Prasasti Bangunan Rumah Suluk Babussalam oleh Gubernur Sumut.(A Fazari)

Loading