Kamis, April 25, 2024
BekasiJawa Barat

Di Momen Peringati May Day, Pemkab Bekasi Dorong Serikat Pekerja Bangun Hubungan Industrial Pancasila

Kab. Bekasi, Lensaexpose.com

Momentum May Day (Hari Buruh) dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama dengan Forkopimda Kabupaten Bekasi dan beberapa Serikat Pekerja serta Pengusaha se-Kabupaten Bekasi, menjalin komunikasi yang baik agar sinergitas hubungan industrial Pancasila antara Pemkab bersama dengan serikat pekerja dan pengusaha tercipta hubungan industrial Pancasila yang semakin baik. Hal ini disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan pada peringatan Hari Buruh Tingkat Kabupaten Bekasi yang diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya, Lippo Cikarang pada Senin (01/05/23).

“Hari Buruh merupakan penghargaan, pengakuan dari kita semua terhadap kontribusi pekerja dimanapun pekerja itu berada. Disisi lain tentu harus ada feedback-nya dari pekerja dalam bentuk rasa memiliki terhadap perusahaan, ikut memajukan perusahaan. Nah timbal balik seperti itulah yang disebut Hubungan Industri Pancasila,” jelas Dani.

Dani mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Buruh pada tahun ini, Pemkab Bekasi menekankan agar dapat tercipta dan terjalinnya Hubungan Industrial Pancasila. Dengan memperingatinya melalui forum komunikasi yang harmonis tanpa harus turun ke jalan melalui tema ‘Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri’.

“Pekerja bisa berkarir atau bekerja kalau ada perusahaan, itulah hubungan simbiosis mutualisme yang harus terjalin antara pekerja dan pengusaha difasilitasi pemerintah. Pengusaha menyadari akan peran penting dan kontribusi pekerja sehingga kita penuhi hak-haknya, kita berikan keamanan dan sebagainya,” katanya.

Dia juga menyatakan, melalui aspirasi yang masuk melalui forum tersebut, Pemerintah Daerah siap sedia membantu para pekerja dalam meningkatkan kompetensi melalui pendidikan serta pelatihan. Hal itu bertujuan sebagai salah satu aspek penting juga agar hak-hak pengusaha bisa terus dihargai, dan juga meningkatkan kesejahteraan.

“Kesejahteraannya melalui koperasi, pelayanan jaminan kesehatan, jaminan ketenagakerjaan. Akan terus kita dorong sehingga Kabupaten Bekasi sebagai kawasan industri besar juga menjadi percontohan bagi Hubungan Industrial Pancasila ini,” ujarnya. (Amos Gultom)

Loading