Jumat, April 26, 2024
Jawa BaratSukabumi

Desa Gunungbatu Kec Ciracap Dinilai Produktif di Daerah Pesisir Selatan Kab Sukabumi

Kab. Sukabumi, Lensa Expose.com

Desa Gunungbatu Kec Ciracap Kab Sukabumi merupakan wilayah desa yang berada di pesisir pantai selatan Kab Sukabumi yakni antara pantai Ujung Genteng, Minajaya dan pantai Giopark Ciletuh, yang berbatasan bagian utara dengan desa Cibenda kec Ciemas, sebelah timur desa Cikangkung Kec Ciracap, selatan desa Ujung Genteng Kec Ciracap dan sebelah barat dengan Desa Pangumbahan Kec Ciracap, yang berada di atas luas wilayah desa 2.267 hektar, dengan jumlah penduduk jiwa 5478 jiwa terdiri dari 2785 laki-laki dan 2693 perempuan, di antara 1846 Kepala Keluarga,yang terbagi di 5 Kedusunan yakni Dusun 1 Cikangkung,  2 Cimulang,  3 Kebonwaru, 4 Cigelang dan 5 dusun Sukatengah, dengan jumlah Rukun Warga (RW) 5 dan 38 Rukun Tetangga (RT).

Menurut Kepala Desa Gunungbatu H.Suhendar yang didampingi Sekretarisnya Rusliana, ketika ditemui awak media menjelaskan bahwa keberadaan Desa Gunungbatu kondisi geografis sangat menunjang bagi perekonomian, perkebunan, pertanian dan nelayan serta tempat agro wisata yang punya daya jual tersendiri berdekatan dengan wilayah pantai selatan Ujung Genteng dan Giopark Ciletuh. dengan suhu rata-rata harian 26-28 Derjat Celsius.

Desa Gunungbatu berdiri pada tahun 1979 hasil pemekaran dari Desa Cikangkung Kec Ciracap, ujar H. Suhendar selaku Kades Gunungbatu saat ini.

Lebih lanjut dikatakan H. Suhendar adapun fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki Desa Gunungbatu Alhamdulilah sudah memadai terbilang komplit termasuk untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ada 10 orang aparatur pemerintah Desa, dan para Kepala Dusun (KaDus) tersebar di tiap daerah disertai dengan alat canggih ada komputer laptop, 1 unit mobil pelayanan Siaga Desa,yang stanbay 24 bagi warga yang sakit atau pasiltas yang lainnya karena jarak tempuh ke ibukota kecamatan dan Ke Puskesmas jaraknya mencapai 13,5 Km,jadi pasilitas ini kami siapkan demi membantu memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat yang memerlukanya, ungkap H.Suhendar pria yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap kemajuan wilayah Desa Gunungbatu ini.

Lain halnya dengan Rusliana Sekdes Gunungbatu saat ini Pemdes sedang melaksanakan kegiatan pengaspalan jalan di kp Cimulang – Cijemlong dengan volume pekerjaan panjang 686 meter lebar 2,5 meter.

Kami menghimbau kepada warga masyarakat Deaa Gunungbatu yang dilalui jalan tersebut agar senantiasa memeliharanya agar jalan tersebut dapat bertahan lama dilalui oleh kendaraan dan pejalan kaki, himbau nya.

Kades Gunungbatu H. Suhendar atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungbatu mengucapkan terimakasih kepada pak Presiden dan pak Bupati Sukabumi,dan Pemkab serta intansi terkait dengan adanya bantuan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) ini sangatlah membantu bagi proses pembangunan di daerah Desa Gunungbatu khususnya dan besar sekali manfaatnya terlebih bagi kemajuan Desa dan warga masyarakatnya, pungkasnya. (Very ub/uan emonk)

Loading