Selasa, Mei 21, 2024
Pemerintahan

Kodim 0614/Kota Cirebon hadiri kegiatan Upacara Bendera SMA Kartika

Kota Cirebon – Lensa Expose.com.
Pasipers Kodim 0614/Kota Cirebon (Kapten Inf Suyatna) menghadiri kegiatan Upacara Bendera SMA Kartika XIX – 5 dan SMK Kartika XIX – 3 bertempat di Jl Karang Jalak Kel Sunyaragi Kec Kesambi Kota Cirebon, Senin (03/02/2023)

Bertempat di SMA Kartika XIX – 5 dan SMK Kartika XIX – 3, Yayasan Kartika Jaya Koordinator Rem 063 Cabang XIX Siliwangi Jl Karang Jalak Kel Sunyaragi Kec Kesambi Kota Cirebon, Pasipers Kdim 0614/Kota Cirebon (Kapten Inf Suyatna) menjadi Pembina Upacara pada pelaksanaan Upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh Siswa-Siswi SMA Kartika XIX – 5 dan SMK Kartika XIX – 3.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

Upacara bendera adalah kegiatan penting yang dilakukan di Sekolah, umumnya kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin.

Meski banyak siswa yang mengikuti upacara bendera, ternyata tidak sedikit, lho, yang belum mengetahui makna dari upacara bendera ini.

Upacara bendera bukanlah kegiatan yang sekedar berdiri beberapa menit saja, dalam pelaksanaannya bermakna bahwa Indonesia adalah Negara yang telah merdeka. Buah dari jasa para pahlawan yang berjuang hingga titik darah penghabisan bahkan terusir dari ibu pertiwi yang kita cintai. Pernahkah hati kalian terenyuh, bergetar penuh haru saat bendera merah putih dikibarkan dengan gagahnya? Diiringi dengan menyanyikan Indonesia Raya dan lagu-lagu nasional lainnya yang jika dihayati maka akan menyadari sejarahnya. Mengenang jasa para pahlawan tanah air yang telah gugur serta mendoakannya, semua dilakukan dengan sangat khidmat. Saat itulah jiwa patriotisme kalian tertanam.

Semoga semakin banyak siswa yang mengetahui makna dari kegiatan upacara bendera serta semakin bersemangat dalam melaksanakannya

Hadir dalam kegiatan Upacara tersebut diantaranya, Ibu Upi (Kepsek SMA Kartika XIX – 5), Ibu Liyah (Kepsek SMK Kartika XIX – 3), Para Guru dan Pembina SMA Kartika XIX – 5), Para Guru dan pembina SMK XIX- 3.
( Piryanto )

Loading