Resmikan kelas jauh PKBM Ibnu Rusy Kades Ciburayut dan Katar Cigombong ingin Tingkatkan Pendidikan

Kab.Bogor ,Cigombong | Lensa Expose – Tingkat pendidikan di Kabupaten Bogor sampai saat ini masih membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah .

Atas dasar ini, Karang Taruna (Katar) Desa Ciburayut bersama Katar Kecamatan Cigombong , membuka kelas jauh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) guna menunjang kelangsungan proses pendidikan anak-anak muda di wilayah Kecamatan Cigombong dengan diawali Desa Ciburayut yang putus sekolah di wilayah Cigombong .

Pihak Katar dalam hal ini, bekerjasama dengan PKBM Ibnu Rusy Cigudeg melaksanakan program ini. Acara peresmian ini dihadiri Kepala Desa Ciburayut, Kepala Seksi (Kasie) Pendidikan dan Kesehatan (Penkes) Kecamatan Cigombong, perangkat RT /RW setempat, kader Karang taruna Kecamatan Cigombong yang bertempat di Ponpes Asmaul Husna, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Minggu (6/11/2022).

Ketua Katar Cigombong, Rudi Hendarsyah bisa Rudi mengatakan, pembukaan dilakukan lantaran setiap tahunnya. Banyak generasi muda pada jenjang pendidikan SD, SMP, bahkan SMA yang belum tamat.

“Diawali dari banyaknya yang putus sekolah. Setiap tahunnya di jenjang SD, SMP dan SMA ada saja yang belum tamat,” ujarnya.

Rudi mengatakan, dalam hal ini karang taruna desa memiliki peran sebagai wadah penggerak pembangunan sosial. Mengemban tanggung jawab yang dimana dituntun agar Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayahnya dapat meningkat untuk menghadapi persiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Kami juga bersama aparatur wilayah lainnya. Proses pencarian data dilakukan bersama Paguyuban RT RW dan tokoh masyarakat setempat. Sehingga PKBM ini dapat terealisasi,” kata Rudi.

Sementara, Kepala Desa Ciburayut, Dulloh, S.IP menjelaskan, peresmian kelas jauh PKBM Ibnu Rusy yang berlokasi di Ponpes Asmaul Huna ini sebagai bentuk penerapan visi dan misi pemerintahannya. Selain itu, dalam usaha menjalankan program Bupati Pemkab Bogor yaitu program pancakarsa, salah satunya karsa Bogor cerdas Desa Ciburayut.

“Sebagai wujud mendorong program pancakarsa dan menjalankan program Gubernur Jawa Barat mengentaskan anak-anak yang putus sekolah,” beber Deden.

Kasie Penkes kecamatan Cigombong Eri Hoeriah, bersyukur dengan peresmian pengajaran pertama kelas jauh PKBM Ibnu Rusy, dimana targetnya setiap titik 9 desa yang ada di wilayah kecamatan Cigombong terealisasi, di mulai dengan Desa Ciburayut.

“Saya berharap, dibukanya sarana kelompok belajar ini dapat mempermudah masyarakat yang putus sekolah, sehingga masyarakat dapat melanjutkan jenjang pendidikannya melalui sekolah paket A, B, hingga C sampai tuntas untuk meningkatan indexs pendidikan di Kecamatan Cigombong,” pungkasnya.

 22 total views,  1 views today