Launching Samisade, Desa Karihkil Bangun Jalan Desa di Dua Lokasi

Ciseeng,Lensaexpose.com – Pemerintah Desa Karihkil Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor melaunching program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) tahap tahap pertama Tahun anggaran 2022.

Program tersebut merupakan program Bupati Bogor Ade Yasin yang memploting ke 40 (empat puluh) kecamatan yang ada di kabupaten bogor yang sudah berjalan selama 2 (dua) tahun.

“Dengan program Samisade mari kita tingkatkan pembanguan infrastruktur dalam rangka mendukung Kabupaten Bogor maju” tulis selogan yang terpampang di Bander Launching Samisade Desa Karihkil.

Giat launching tersebut dilaksanakan di Kampung Nyalawati Rt 01 Rw 04, tepatnya yang akan dilakukan pembangunan betonisasi jalan desa sepanjang 596 meter.

Turut hadir dalam giat itu, Sekcam Ciseeng beserta jajarannya, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Aparatur Desa Karihkil dan juga Ketua Rt/Rw setempat.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Karihkil Agung mengatakan, dari anggaran yang di ajukan oleh pemerintah desa karihkil pihaknya akan melaksanakan pembangunan jalan desa di dua lokasi.

“Anggaran yang kita ajukan hanya 500 juta lebih dari 60 oersen untuk di alokasikan ke pembangunan jalan desa di dua lokasi, yaitu di Kampung Nyalawati Rt 01 Rw 04 sepanjang 596 meter dan di Kampung Karihkil Rt 03 Rw 01 sepanjang 881 meter,” ujar Agung kepada Wartawan, Selasa (1 November 2022).

Agung menyampaikan, jalan yang akan dibangun tersebut perbatasan dengan wilayah Desa Cibeuteung Udik, namun akses tersebut lebih banyak dilalui oleh warga masyarakat Desa Karihkil.

“Sebetulnya sih ini jalan masuk ke Desa Cibeuteung Udik dan perbatesan dengan Karihkil, karena aksesnya banyak dilalui oleh warga karihkil yaudah kita tarik ke Desa Karihkil,” ungkap Agung.

Kebetulan jalan ini sambung Agung, sebelumnya belum pernah tersentuh oleh pembangunan, oleh karenanya pembangunan infrastruktur taun ini pihaknya mengalokasikan ke jalan tersebut yang akan dilakukan secara manual dengan melibatkan warga masyarakat setempat.

“Pengerjaannya nanti kita akan dilakukan secara manual aja dengan melibatkan warga setempat, karena akses masuk mobil molen kesininya lumayan sempit. Dan saya harap dengan dibangunnya jalan ini akes jalan warga masyarakat bisa lancar dan kemajuan masyarakat dalam bidang ekonomi bisa meningkat,” tutur Agung.

Sementara Sekcam Ciseeng Agus Sopyan menyampaikan, dari 10 (sepuluh) desa yang ada, baru 3 (tiga) desa yang sudah melaksanakan Launching Samisade tahap pertama tahun anggaran 2022.

“Ada tiga desa yang sudah Launching Samisade, pertama Desa Babakan, Perigi Mekar dan Karihkil. Kalaupun ini akan dilakukan manual, tolong dijaga dari segi kualitas dan kuantitas. Supaya benar-benar bisa dirasakan oleh warga masyarakat untuk kelancaran akses maupun peningkatan perekonomian nya,” ujar Agus.

Ia juga meminta program Samisade di wilayahnya di targetkan harus rampung di akhir bulan Desember Tahun 2022.

“Saya harap sih program Samisade ini bisa secepatnya rampung di tahun ini. Pokoknya harus sesuai dengan arahan pak Sekda aja, harus tepat penganggaran, tepat perencanaan, tepat biaya, tepat sasaran, tepat pajak, tepat waktu dan tepat pelaporan,” tegas Agus. (Rdy)

 71 total views,  1 views today