Menkop UKM RI Buka Acara Limbangan Expo UMKM Tahun 2022 di Garut

Garut | Lensaexpose.com

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Republik Indonesia (RI),Berlangsung membuka acara Limbangan Expo UMKM Tahun 2022 dengan Tema UMKM Bangkit, Ekonomi Bangsa Kuat, Rakyat Sejahtera.

Acara berlangsung di Alun-Alun Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Minggu (9/10/2022).

Diketahui Limbangan merupakan Tanah Kelahiran dari Menteri Teten Masduki, dirinya sangat apresiasi bisa melihat Masyarakat Limbangan yang kami banggakan begitu antusias sebagai para Pelaku Usaha dan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Se-Kecamatan Limbangan Garut.

Limbangan Expo UMKM Tahun 2022 diikuti 14 Bumdes Se-Kecamatan Limbangan Garut dan 84 UKM yang diselenggarakan hari ini dari 9 Oktober sampai dengan 15 Oktober Tahun 2022.

Menteri Teten Masduki, mengatakan,”ini merupakan inisiatif yang bagus untuk mempromosikan produk -produk UKM yang ada di Kecamatan Limbangan garut, tapi sekaligus juga ada proses durasi juga pendampingan, supaya nanti ada peningkatan kualitas.

“Saya lihat tadi kemasannya masih sangat sederhana , tapi ada beberapa produk yang unggul dan dapat dikembangkan, Bahkan bisa sesuai dengan permintaan global, seperti Produk Briket, itu sangat Potensi, ada juga anyaman-anyaman bambu, tapi masih membuat produk alat-alat rumah tangga, padahal itu kalau ditingkatkan valuenya bisa lebih bagus,”ungkapnya.

“Dari sekian Produk yang diperlihatkan di Limbangan Expo ini, ada yang kulturnya bagus, seperti kultur anyaman bambu produknya kurang berkembang,Nah itu bisa ditingkatkan kembali inovasinya, dan banyak lagi yang lainnya Seperti Coet, itu bisa dinaikkan, dan nanti dilakukan pendampingan biar potensi nya berkembang,”ujarnya.

“Kekuatan ekonomi Garut itu ialah UMKM, jadi menurutnya, memang penting mempunyai perencanaan lebih baik,semisal produk -produk dari Garut itu masuk ke pasaran digital, sekarang tidak harus ke Kota, bisa di Desa, bisa di Kampung, dan di Kecamatan Limbangan ini tetap usaha tapi bisa berjualan ke tingkat nasional bahkan ke luar negeri, jadi tinggal produknya yang berkualitas,”jelasnya.

Bupati Garut Rudy Gunawan, Menambahkan,”kegiatan ini merupakan gerakan ekonomi di tingkat kewilayahan, dan sangat luar biasa bagus, tadi Pak menteri sudah mengintruksikan, nanti ada Jibes di Pendopo, memang kita ingin di 421 Desa yang berada di kabupaten Garut , 21 Kelurahan tampil untuk menggelorakan kebangkitan UKM “.

Dari Sisi PNM Garut itu sudah mendapatkan kredit mekar di atas Rp.800 milyar, dan dari Kredit mekar yang diberikan ke UKM sudah mencapai Rp.1,2 Triliun di semua Bank yang ada di Garut ,Sisi PNM kredit mekar di atas Rp.800 milyar, di semua Bank di Garut sudah diberikan ke UKM mencapai Rp.1,2 Triliun,”ujarnya.

Lanjut Rudy Gunawan,” Tumbuh dan berkembangnya memang kebijakannya ada di Pemerintah Pusat yang mendorong melalui perbankkan dan ini yang dimanfaatkan,hebatnya di Garut MPL yang macetnya itu dibawah 0,5 persen, ini sangat luar biasa dan memang bimbingan Kementrian Sama Kita Pemerintah Daerah kolaborasi nya sangat baik “.

“Saya Berharap Kedepannya Para Pelaku UKM ini nantinya bagaimana Kemasannya (packaging) dibuat supaya lebih bagus dan menarik perhatian pembeli, kami menyediakan Rumah kemasan dan Pak Menteri memberikan bimbingan dan anggaran fasilitasi itu ,mungkin harapan kedepannya untuk meningkatkan UKM di Kabupaten Garut,”jelasnya Rudy Gunawan (Bupati Garut). (Rais/Dede oren)

 57 total views,  1 views today