Wali Kota Waris Tholib Lantik 16 Pejabat Tinggi Pratama Eselon II di Lingkungan Pemkot Tanjungbalai

Tanjungbalai | Lensaexpose.com

Hasil Uji Kompetensi yang dilakukan Pemerintah Kota Tanjungbalai beberapa bulan yang lalu telah memunculkan 16 (Enam Belas) pejabat tinggi pratama eselon II.

Keenam belas pejabat ini, diantaranya Asisten Administrasi Umum Drs Walman Riadi P Girsang M.AP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Susanto SE, Drs H Zainul Arifin Kepala Kepegawaian Daerah, Usni Syahzuddin Sinaga S.Sos Kepala Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.

Kemudian Drs Abu Hanifah MM Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Dra Darul Yana Siregar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Drh Muslim M.Pt Kepala Dinas Perikanan, Ir Nefri Siregar MM Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs Fitra Hadi M.I.Ko Inspektur Daerah.

Lalu Khairul SH Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Muhammad Ridwan Parinduri S.STP, M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup, M Idris SH Kepala Pelaksana BPBD, Siman SH Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Edwarsyah S.Sos, M.I.Kom Kepala Badan Kesbangpol, Hj Delima S.IP,MM Kepala Dinas Pendidikan serta Hj Ernawati S.IP,MM sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan,Hukum dan Politik.

Pelantikan pejabat tinggi pratama dilingkungan Pemkot Tanjungbalai dilakukan langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib dan dihadiri Forkopimda Tanjungbalai Kapolres AKBP Ahmad Yusuf Afandi, Dan Lanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, mewakili Dandim 0208/AS Kapt Inf Hamlet Marpaung, mewakili Kejari Tanjungbalai Nurul Ayu Rejek, Ketua Pengadilan Agama YM Rosyid Mumtas, Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Jumat (7/10).

Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib dalam pidatonya, mengharapkan kepada pejabat eselon II yang telah dilantik dapat mencerminkan keberhasilan pemerintah Kota Tanjungbalai.

“Perlu saya sampaikan, bahwa pelantikan pejabat tinggi pratama merupakan hasil dari uji kompetensi yang diadakan Pemerintah Kota Tanjungbalai dengan mempedomani Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil,” ujar Waris.

Pejabat yang dilantik telah memenuhi syarat dengan memperhatikan integritas, kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan serta rekam jejak jabatan, tambahnya.

“Dengan sisa waktu pemerintahan yang sekarang 1,5 tahun tentunya ini waktu yang sangat singkat untuk mengejar capaian target dan visi misi Pemkot Tanjungbalai untuk pejabat eselon II yang baru harus mencerminkan keberhasilan pemerintah Kota Tanjungbalai kedepan,” kata Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib.

Pada kesempatan itu juga Waris meyakini, pejabat eselon II hasil uji kompetensi ini memiliki kemampuan dan keahlian di masing-masing dinas.

“Karena kedudukan pimpinan tinggi pratama mempunyai peran strategis dan sangat penting karena berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menuntaskan program kerja, serta membina hubungan kerja sama dengan pihak lain,” tegas Waris.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Waris Tholib menyampaikan beberapa poin penting yang juga menjadi perhatian pejabat tinggi pratama yang baru dilantik yakni, pertama untuk segera menyelesaikan program program yang telah direncanakan pada tahun ini dalam mencapai penyerapan anggaran APBD tahun 2022.

Kedua mengajak seluruh ASN untuk terus bekerja keras dalam membangun Tanjungbalai lebih baik kedepannya sesuai tugas pokok dan fungsi di OPD masing masing dan Ketiga Meningkatkan sejumlah prestasi yang menjadi catatan strategis sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi yang dilaksanakan Pemkot Tanjungbalai, Papar Waris.

“Untuk itu, saya meminta agar para pejabat tinggi pratama yang dilantik dapat menghayati peran fungsinya sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat memberikan kontribusi besar untuk lebih mendominasikan organisasi Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Saya ucapkan selamat bertugas kepada seluruh pejabat tinggi pratama yang dilantik, selamat berjuang memajukan Kota Tanjungbalai yang kita cintai ini, dapat bekerja keras, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas nantinya,” Pungkas Wali Kota Waris Tholib. (A Fazari)

 38 total views,  1 views today