Sambel Terasi di Muara Sukalila, Ajak Anak Gemar Membaca Dan Mewarnai

Kota Cirebon, Lensa Expose.com
Gelaran perpustakaan keliling oleh Vespa Pustaka Cirebon kini hadir di Kampung nelayan pesisir Kota Cirebon atau lebih tepatnya di Muara Sukalila. Tapi kali ini bukan hanya menyajikan puluhan buku untuk dipinjamkan melainkan mengajak anak-anak belajar mewarnai.

Mengusung tema Sarana Masyarakat Belajar Literasi (Sambel Terasi) baru-baru ini Vespa Pustaka Cirebon berkolaborasi dengan para relawan yang dikomandoi Vina Riazis juga XTC Kota Cirebon, Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN), FORKOCI, Gusdurian, RPD, OMK, Pemuda Katholik Gereja ST Yusuf Kota Cirebon, Gereja Bunda Maria Cirebon, Minggu (11/9/22, sore).

Suasana bertambah ramai mengundang decak kagum antusiasme masyarakat sekitar yang hadir menyaksikan saat dalam acara Sambel Terasi menampilkan pagelaran seni tari topeng dari sanggar sawo kecik sebagai acara pembuka dilanjutkan mewarnai gambar yang sudah disiapkan oleh panitia untuk puluhan siswa siswi dari PAUD Nusa Indah dan PAUD Pakungwati.

Gelaran even semakin sempurna ditambah dengan sesi sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) dari BNN Kota Cirebon.
Dalam acara sambel terasi tampak dihadiri langsung oleh Kapolsek Lemahwungkuk Iptu Wawan Hermawan dan Danramil 1403/Lemahwungkuk Kapten (inf) Muadi.

Saat diwawancarai beberapa awak media pemilik Vespa Pustaka Cirebon, Alvin Aquila berujar kalau event sambel terasi sangat luar biasa disambut antusiasme masyarakat sekitar yang membuat dirinya terharu.

“Baru kali ini saya merasa terharu karena animo dari masyarakat sini sangat membludak dan atusias banget hadir mengikuti juga event serta dukungan dari orang tua mendampingi anaknya saat mewarnai gambar yang disediakan oleh panitia sampai-sampai ada orangtua yang ikut pula membantu anaknya begitupun dengan anak-anak lainnya yang tidak ikut mewarnai tapi berantusias hadir untuk membaca buku di Vespa Pustaka Cirebon,” ujar Alvin Aquila sembari terharu bahagia tampak matanya pun berkaca-kaca.

Selain Alvin Aquila beberapa panitia pun sempat diwawancarai diantaranya Sylvia Agusta dan Vina Riazis.

Menurut Sylvia Agusta, salah satu panitia sambel terasi mengungkapkan bahwa event ini merupakan wujud kepedulian dibidang pendidikan dan mengapresiasi kepada seluruh pihak yang hadir.

“Event ini sengaja dihelat untuk rakyat meskipun secara sederhana tapi wujud nyata kepedulian dan sarana edukasi yang kami berikan secara nyata bagi mayarakat khususnya anak-anak disekitaran pesisir pantai kota cirebon didunia pendidikan dan Saya ucapkan terimakasih bersyukur kepada Tuhan yang telah meridhoi.

Event ini dihelat sukses sampai akhir, kepada pihak-pihak yang telah mensuport acara baik terlibat langsung dilapangan maupun para donatur yang turut andil atas acara ini,” ungkap wanita yang disapa bunda sylvi.

Dilain sisi selepas acara Vina Riazis salah satu penggagas dan juga panitia Sambel Terasi menjelaskan maksud dan tujuan even smbel terasi digelar, tak lupa wanita akrab disapa bunda vina mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang membantu event sambel terasi.

“Event ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran rakyat serta melatih mereka, terutama kaum muda baik secara intelektual, spiritual, maupun emosional menurut usia dan tingkat pendidikan yang berbeda-beda, makanya kami undang seluruh pihak untuk turut andil menyemarakan event meskipun digelar sederhana dengan target masyarakat pinggir kota dan kami bersyukur acara berjalan lancar masyarakat sekitar pun memadati lokasi, semua yang pun menikmati event sambel terasi sampai akhir, saya juga ucapkan terimakasih kepada PAUD Nusa Indah dan Pakungwati yang telah mengirim siswa siswinya mengikuti mewarnai gambar, juga dari XTC Kota Cirebon, Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN), FORKOCI, Gusdurian, RPD, OMK, Pemuda Katholik Gereja ST Yusuf Kota Cirebon, Gereja Bunda Maria Cirebon dan Karang Taruna Wijaya Kusuma Kelurahan Panjunan yang turut pula membantu serta Ketua RW. 10 Pesisir Utara yang telah berkenan mengijinkan event ini dihelat diwilayahnya,” ucap Bunda Vina

Sementara itu menurut Kapolsek Lemahwungkuk, Iptu Wawan Hermawan menuturkan kegiatan sambel terasi bermanfaat dan meningkatkan minat anak-anak membaca juga menambah keterampilan ditambah ucapan dukungan dan apresiasinya.

“Menurut saya kegiatan ini sangat bagus sehingga bermanfaat dan meningkatkan minat anak-anak membaca juga menambahkan keterampilan selain itu juga ada penyuluhan P4GN dari BNN untuk anak-anak yang hadir diberi edukasi agar terhindar dari bahaya Narkoba, tentunya saya ucapkan selamat atas suksesnya acara sore hari ini dan kedepan mudah-mudahan acara akan tetap terus berlanjut serta menjadi agenda bulanan,” tutur Kapolsek Lemahwungkuk

Setali tiga uang ditempat sama Danramil 1403/Lemahwungkuk Kodim 0614/Kota Cirebon, Kapten (Inf) Muadi menyambut baik kegiatan even sambel terasi dan berapresiasi untuk seluruh panitia acara sambel terasi yang sangat bermanfaat bagi anak-anak.

“Acara sambel terasi selaras dengan pembukaan UUD 1945 disitu terdapat kalimat ucapan mencerdaskan kehidupan bangsa jadi sangat bermanfaat bagi masyarakat menambah edukasi dan wawasan serta dapat meningkatkan kebersamaan sehingga tercipta persatuan sejak dini, saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh panitia penyelenggara acara sambel terasi kedepan kami akan tetap mendukung acara sambel terasi khususnya di wilayah Pesisir Kota Cirebon,” ucap Kapten (inf) Muadi.

Acara yang digadang-gadang yang dapat dihadiri ibu Wakil Walikota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, setelah sempat di nanti-nanti namun sayangnya sampai akhir acara beliau tidak kunjung hadir.

( Piryanto )

 34 total views,  1 views today