Tingkatkan SDM dan Infrastruktur Salah Satu Program Unggulan Kepsek SMPN 2 Cileungsi

Bogor | Lensaexpose.com

Kian hari persaingan di industri teknologi menjadi kian ketat. Hal ini salah satunya sudah memasuki dunia moderenisasi. Menanggapi hal tersebut, kualitas sumber daya manusia (SDM) perlu ditingkatkan melalui usaha peningkatan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, perubahan metode pembelajaran adalah salah satu hal yang diperlukan.

Perubahan pertama dan yang paling fundamental adalah pola pikir yang sehat dan sifat anak-anak masa kini. Kedua, bakat seorang anak haruslah dapat dikembangkan dan diasah dengan bantuan sekolah. Ketiga, diperlukan adanya perubahan model pembelajaran yang lebih cocok untuk kebutuhan saat ini.

Di samping itu, pemerintah juga perlu memfasilitasi kebutuhan pembelajaran. Misalnya, saat ini kebutuhan akan teknologi dan infrastruktur yang mendukung pelaksanaan belajar mengajar sangatlah dibutuhkan oleh guru dan siswa.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah SMPN 2 Cileungsi, Asep Suherman mengungkapkan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk saat ini sangat diperlukan,sebab persaingan teknologi yang sangat signifikan terhadap dunia pendidikan sudah modernisasi,dan selalu ada perubahan kurikulum.

“Maka dari itu, setiap siswa maupun para guru harus siap menghadapi perubahan-perubahan kurikulum yang selalu berganti, hal inilah yang saya tanamkan untuk para siswa dan para guru untuk mampu meningkatkan sumber daya manusia, supaya bisa bersaing dengan sekolah-sekolah yang lebih maju,” ujarnya.

Kendati demikian, sambungnya, pihak sekolah tidak bekerja sendiri untuk mencapai siswa-siswi yang berprestasi. Tentunya harus ada dukungan pemerintah, berupa infrastruktur yang memadai, ruang kelas yang cukup, perangkat komputer yang cukup, dan sarana prasarana pendukung lainnya dan tidak kekurangan tenaga pendidik.

“Di samping itu peran orang tua siswa aktif juga harus ikut dilibatkan, karena orang tua lah yang mendorong supaya sekolah lebih maju selain pemerintah,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya memiliki sebanyak 45 perangkat sekolah, terdiri dari 15 guru ASN, 20 guru honorer, selebihnya TU dan penjaga sekolah. Inilah yang tiap hari memberikan pelayanan kegiatan belajar mengajar di SMPN 2 Cileungsi kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat.

“Harapannya dengan meningkatnya SDM guru dan para siswa disekolah ini bisa melahirkan siswa siswi yang berprestasi membawa nama sekolah dikemudian hari,” tutupnya. (Bagar)

 68 total views,  1 views today